Lihat ke Halaman Asli

10 Top Command Line Linux Administrator yang Wajib Kalian Ketahui

Diperbarui: 23 Juli 2022   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source : wallpaper Flare

Pertama yuk kenalan dulu dengan Linux , Linux Merupakan Sistem Operasi yang di kembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 . Linus Torvalds merupakan rekayasawan perangkat lunak dari Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan kernel linux .   Linux Sistem Operasi yang berifat Open Source jadi kamu bisa menggunakan linux dengan gratis tanpa harus membayar lisensi , ini merupakan cara yang efisien dan untuk performa linux sangat cepat kamu tidak perlu membutuhkan space banyak untuk menjalankan sistem operasi tersebut .

Untuk Mengoperasikan Linux Kamu harus memahami CLI (Command Line Interface ) , CLI tersebut digunakan untuk berinterkasi dengan komputer , mengelola file , dan menjalankan program  , CLI menerima baris perintah input , perintah yang dipanggil oleh prompt kemudian di eksekusi oleh komputer sebagai penerima input . Berikut 10 top command Line yang wajib kalian tahu untuk system administrator pada Linux :

1. CD

CD (Change Directory ) , commad line yang digunakan untuk berpindah Directory , untuk berpindah menggunakan perintah CD namafolder , untuk Kembali ke Directory sebelumnya menggunakan perintah CD . .  kalian bisa lihat contoh dibawah ini:

gambar 1.1 doc :pribadi

Kamu bisa Perhatikan pada gambar 1.1 menggunakan command CD tulisankompas , kita sudah berpindah ke folder tulisankompas yang sebelumnya berada di folder kompasiana .

 

gambar 1.2 doc :pribadi

Kamu bisa Perhatikan pada gambar 1.2 menggunkan command cd . . berpindah ke folder sebelumnya , dari folder tulisankompas ke folder kompasiana

2. PWD

PWD (Print Working Directory ) , Merupakan Command line yang digunakan untuk mengetahui posisi direcoty saat ini atau yang sedang diakses , dengan perintah pwd  , Kalian bisa lihat contoh di bawah ini :

gambar 2.1 doc : pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline