Lihat ke Halaman Asli

GAVA TV

Media Informasi dan hiburan

Perjuangan Mahasiswa Menyelesaikan Tugas Akhir

Diperbarui: 12 Oktober 2021   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tanda mahasiswa dinyatakan lulus dari Universitas tempatnya belajar adalah saat dirinya berhasil membuat karya atau tugas akhir.

Nah, karya ilmiah ini terbagi menjadi beberapa tingkatan. Untuk mahasiswa program Sarjana (S1) mereka harus menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Sementara untuk program Doktor (S3) Mahasiswa tersebut harus selesai mengerjakan disertasi.

Perjuangan dan kesulitan untuk menyelesaikan tugas akhir tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Recika sekar maharani salah satu Mahasiswi fakultas psikologi Unika Semarang, menuturkan bahwa saat ini benar-benar berjuang menyelesaikan skripsinya. "Tiga bulan ini saya sudah menyelesaikan 3 Bab" ujarnya. Recika menyampaikan berbagai faktor penghambat mulai bermunculan ketika menyelesaikan studinya, Mulai faktor malas, jenuh, dan stres saat tugas akhirnya tak kunjung jadi.

Walau begitu, Banyak cara untuk menggugah semangat seorang mahasiswa. Dengan cara merileksasi diri atau self healing dan bertemu teman-teman itu akan menggugah kembali semangat kita," imbuhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline