Lihat ke Halaman Asli

Sosok Thomas Alva Edison

Diperbarui: 3 Maret 2020   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Thomas Alva Edison atau yang sering dipanggil edison adalah pengusaha dan penemu hebat di dunia yang berasal dari negara Amerika Serikat. Banyak sekali penemuan-penemuan atau eksperimen yang telah dia capai, seperti penemuan lampu pijar, generator listrik, perekam suara, dan penemuan-penemuan hebat lainnya.

Edison adalah anak dari Samuel Ogden Edison Jr dan Nancy Matthews Elliott, Ia lahir pada tanggal 11 Februari 1847 di Ohio, Milan. Edison merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Ketika masih kecil edison hanya bersekolah selama beberapa pekan Karena Saat itu, gurunya memperingatkan Edison dianggap sebagai murid yang sering tertinggal, tidak pintar, dan dianggap tak berbakat. Sejak saat itulah ibunya yang mendampingi dia belajar sekaligus menjadi gurunya.

Ketika ia berusia 12 tahun ia menjadi penjual koran di jalur kereta Port Huron menuju Detroit karena ayahnya sudah kehilangan pekerjaannya sehingga tidak bisa membiayai keluarganya. Suatu ketika edison menyelamatkan bocah tiga tahun yang bernama Jimmie MacKenzie karena terjebak di rel kereta. 

Dan ayah Jimmie sangat berterima kasih padanya dan sebagai ucapan terima kasih ia menjadikan edison sebagai pekerja operator di Jalur Grand Trunk, Stratford Junction. Sambil bekerja ia juga selalu melakukan dua hal kesukaannya membaca dan bereksperimen.

Saat berusia 22 tahun, dia pindah ke New York dan mengembangkan penemuan pertamanya yang bernama Universal Stock Printer. Alat itu bisa menyeragamkan sejumlah transaksi saham. Perusahaan The Gold and Stock Telegraph sangat terkesan dengan karyanya sehingga pada tahun1870-an, edison mendapatkan reputasi sebagai penemu kelas satu dan dia mendirikan laboratorium kecil di Newark.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline