Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Digital terhadap Perilaku Sosialisasi Anak

Diperbarui: 26 September 2022   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah tidak asing lagi di zaman sekarang penggunaan seperti gadget oleh anak usia dini. Karena tidak memungkiri juga bahkan rata rata sekolah kebanyakan menggunakan handphone/laptop untuk ujian. 

Bukan hanya SMA sederajat saja. Sd pun bahkan sudah mulai mulai menggunakan. 

Sebetulnya, ada plus dan minus dalam penggunaan gadget di usia dini. Plus nya , anak bisa lebih mengenal banyak bahasa,ilmu,dan pembelajaran lainnya lewat digital,misalnya youtube, mengetahui hal hal lewat google dll. Minusnya, banyak juga hal yang sebetulnya tidak boleh anak tau di usianya. Misalnya main sosmed dll.

Kenapa bisa terjadi?Karena hal itu akan membuat anak candu dan terbawa arus yang tidak baik. Juga yang kita ketahui. Dunia sosial media itu  sangatlah luas dan penggunanya rata rata orang dewasa. 

Ditakutkan, jika hal ini sampai terbiasa dilakukan oleh anak, anak akan menjadi kecanduan gadget sehingga yang harusnya dunia anak adalah bermain dengan sebaya nya, belajar, malah terfokuskan ke dunia digital itu sendiri. 

Dampak buruknya,akan mengganggu konsentrasi anak dan masa belajar anak itu kedepannya. Bukan hanya itu, pergaulan anak juga akan mempengaruhi karena sering lihat dan meniru apa yang dia lihat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline