Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Sosial Media bagi Remaja

Diperbarui: 23 Januari 2019   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Sosial Media kini seakan sudah menjadi candu bagi masyarakat di Indonesia terutama khususnya kalangan remaja. Remaja masa kini seakan tidak bisa terlepas dari smartphone yang biasanya smartphone ini berkaitan dengan adanya Sosial Media. Media sosial mempunyai keunggulan dan ketertarikan tersendiri bagi penggunanya, hal ini yang menyebabkan para remaja betah berlama-lama dalam menggunakannya. Sosial media juga merupakan sebuah media yang bermanfaat untuk bersosialisasi satu sama lain dan penggunaan sosial media ini digunakan secara online. Untuk dapat mengakses media sosial juga dibutuhkan adanya kuota. Jikalau tidak ada kuota maka tidak bisa menggunakan media sosial tersebut. Media sosial yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja ini antara lain Whatsapp, Facebook, Twitter, Path, Line, Bbm dan masih banyak yang lainnya.

Perkembangan media sosial ini sangat pesat, karena semua orang bisa memiliki media tersendiri, terutama pada kalangan remaja. Namun, media sosial ini memberikan pengaruh langsung baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Dampak positif dari sosial media ini antara lain sebagai sumber belajar dan mengajar yang biasanya para remaja dapat membrowsing dan belajar pengetahuan yang baru. Kemudian dampak positif lainnya antara lain para remaja bisa memperluas pertemanannya dengan cara berkomunikasi dengan siapa saja atau bahkan dengan orang yang belum di kenal sebelumnya. Media sosial juga berfungsi sebagai penyebaran informasi dan bahkan hanya dalam beberapa menit kita bisa mengetahui informasi yang beredar, selain itu media sosial juga dapat menjalin silaturahmi dengan teman maupun keluarga yang jaraknya jauh. Selain dampak positif, media sosial juga penuh dengan dampak negatif antara lain, terus menerus menggunakan media sosial akan dapat mengganggu kesehatan, menimbulkan sikap acuh terhadap orang lain di sekeliling karena seseorang tersebut akan selalu tertuju terhadap smartphonenya, maraknya kejahatan yang timbul karena adanya media sosial ini, media sosial juga bisa melalaikan sesuatu yang seharusnya menjadi kewajiban. Contohnya, kewajiban seorang pelajar adalah belajar akan tetapi mereka melalaikannya dengan terus bermain sosial media. Dampak negatif lainnya adalah maraknya informasi kebohongan/hoax karena banyaknya seseorang yang menerima informasi kemudian menyebarkannya tanpa mengetahui apakah berita tersebut benar adanya atau tidak.

Pengguna media sosial ini pastinya mempunyai dampak positif dan negatif, tergantung terhadap pengguna dari media sosial tersebut. Jika pengguna menggunakannya untuk hal-hal baik maka pengguna juga akan mendapatkan dampak positif. Namun, jika pengguna menggunakan media sosial untuk hal yang cenderung tidak baik, maka dampak negatiflah yang pengguna dapatkan.

Ditulis Oleh : Risma Alisya Ananda

Kelas : XII MIPA 2

Tanggal : 21 Januari 2019




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline