Saat membuka usaha, banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik pelanggan, salah satunya adalah promosi. Melalui kegiatan promosi, peluang pengembangan bisnis Anda akan terbuka lebar.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan melalui pameran, iklan, demonstrasi, dan upaya persuasi lainnya. Selain untuk meningkatkan penjualan, kegiatan promosi merupakan kesempatan untuk memperkenalkan produk atau perusahaan baru agar dapat menjangkau masyarakat luas.
Berikut adalah manfaat melakukan promosi.
1. Perlunya branding
Branding digunakan sebagai strategi pemasaran. Tujuan dari branding adalah untuk menciptakan identitas merek agar mudah dikenali dan diingat orang-orang yang menjadi target pemasaran. Merek dagang sering tercermin dalam logo, nama merek, atau produk yang dipasarkan untuk menonjolkan manfaat merek.
2. Pengenalan produk baru
Manfaat kegiatan promosi selanjutnya adalah pengenalan produk inovatif terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selain itu, promosi juga dapat membantu mempromosikan kembali produk lama yang belum terjual sehingga cepat laku di pasaran.
3. Meningkatkan daya saing perusahaan
Promosi juga dapat bermanfaat sebagai sarana benchmarking terhadap pesaing. Jika bisnis Anda dan pesaing Anda beriklan, calon pelanggan dapat membandingkan harga, kualitas, layanan, dan beberapa bahan lain yang Anda miliki dengan kompetitor sejenis.
4. Meningkatkan penjualan dan profit perusahaan
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, manfaat utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.