Mohon tunggu...
Amelia Rosa
Amelia Rosa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Just a beginner

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

5 Manfaat Penting dari Promosi, Dapat Meningkatkan Penjualan!

16 Agustus 2022   16:00 Diperbarui: 16 Agustus 2022   16:05 117 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Produk | Foto : Brett Jordan via Pexels

Saat membuka usaha, banyak hal yang harus dilakukan untuk menarik pelanggan, salah satunya adalah promosi. Melalui kegiatan promosi, peluang pengembangan bisnis Anda akan terbuka lebar. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan melalui pameran, iklan, demonstrasi, dan upaya persuasi lainnya. Selain untuk meningkatkan penjualan, kegiatan promosi merupakan kesempatan untuk memperkenalkan produk atau perusahaan baru agar dapat menjangkau masyarakat luas.

Berikut adalah manfaat melakukan promosi.

1. Perlunya branding

Branding digunakan sebagai  strategi pemasaran. Tujuan dari branding adalah untuk menciptakan identitas merek agar  mudah dikenali dan diingat orang-orang yang menjadi target pemasaran. Merek dagang sering tercermin dalam logo, nama merek, atau produk yang dipasarkan untuk menonjolkan manfaat merek.

2. Pengenalan produk baru

Manfaat kegiatan promosi selanjutnya adalah  pengenalan produk inovatif terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selain itu, promosi juga dapat membantu mempromosikan kembali produk lama yang belum terjual sehingga cepat laku di pasaran.

3. Meningkatkan daya saing perusahaan

Promosi juga dapat  bermanfaat sebagai sarana benchmarking terhadap pesaing. Jika bisnis Anda dan pesaing Anda beriklan, calon pelanggan dapat membandingkan harga, kualitas, layanan, dan beberapa bahan lain yang Anda miliki dengan kompetitor sejenis.

4. Meningkatkan penjualan dan profit perusahaan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, manfaat utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan