Lihat ke Halaman Asli

Lestarikan Terumbu Karang, KIPM Bima Transplantasi Koral

Diperbarui: 13 April 2018   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dalam rangka memperingati HUT Kab. Dompu Ke-203, dan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan, melalui GEMASATUKATA Tahun 2018, Stasiun KIPM Bima bersinergi dengan instansi terkait melakukan kegiatan Transplantasi Koral di perairan Laut Calabai, Kec. Pekat, Kab. Dompu - Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini didukung oleh berbagai instansi terkait yang peduli dengan kelestarian sumber daya laut antara lain : TNI Angkatan Laut, Polairud Polres Dompu, Camat Kec. Pekat, SMPN 01 Pekat, dan para nelayan di sekitar calabai.

KOMPAK sebagai salah satu LSM yang selama ini aktif melakukan kegiatan Transplantasi Koral merupakan fasilitator bersama dengan TNI Angkatan Laut menyediakan sarana dan prasarana termasuk koral yang akan di tanam.

Nurkumala, Kepala Bidang Penangkapan DKP Kab. Dompu, dalam sambutannya menyampaikan "kegiatan transplantasi koral ini diharapkan dapat menjadi program rutin yang diselenggarakan secara bersama-sama untuk memperbaiki ekosistem perairan laut khususnya di wilayah calabai, sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan di wilayah perairan tersebut maupun sebagai destinasi wisata lokal maupun mancanegara atas hasil kegiatan transplantasi ini" terang Nurkumala.

dokpri

"Koral adalah salah satu komoditi perikanan yang dilarang dan dibatasi peredarannya karena masuk dalam Daftar Appendix Cites", teral Ridwan, Kepala Stasiun KIPM Bima. Kelestarian koral / terumbu karang perlu terus dijaga untuk keberlanjutan (sustainability) pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan"

Selanjutnya diakhiri dengan penanaman koral sebanyak 1000 koral bersama-bersama seluruh peserta di spot-spot yang telah ditentukan dan telah ditetapkan menjadi kawasan konservasi.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline