Lihat ke Halaman Asli

Pestisida Nabati Vs. Pasar Bebas

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Agribisnis,tanaman,dan residu sangat erat kaitannya untuk meningkatkan hasil dari produk usaha yang sedang di jalankan. Isu residu sangat berkaitan dengan pasar bebas dan lingkungan.Pada akhirnya akan berpengaruh juga pada ekonomi. Sebab residu  dapat menurunkan biodiversitas. Salah satu tantangan yang perlu diantisipasi pengusaha,pemerintah dan petani adalah isu residu ini,karena tidak sedikit pengusaha ekspor buah dan sayur serta produk pertanian lainya ditolak ketika sudah ditiba di negara tujuan. Sehingga bagi pelaku usaha,pemerintah dan petani perlu memperhatikan kesehatan tanaman. Kesehatan tanaman dapat dijaga dengan menerapkan konsep PHT,yaitu keamanan lingkungan,ekonomi efisien,penerimaan masyarakat dan teknolpraktis dan berkelanjutan.

Menjawab tantangan tersebut salah satunya dapat menggunakan pestisida nabati. Pestisida nabati adalah setiap bahan metaboli tumbuhan yang mampu memberikan satu atau lebih aktivitas biologi,baik fisiologi(kematian) maupn tingkah laku(penghambat makan) pada organisme pengganggu tanaman(OPT) dan memenuhi syarat untuk digunakan dalam pengendalian OPT.

Mengapa kembali kepada pestisid nabati? karena efek samping penggunaan pestisida kimia yang digunakan berlebihan,permintaan produk organik yang semakin meningkat dan isu-isu internasional yang membatasi residu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline