Lihat ke Halaman Asli

Farhan Ramadhan

Koresponden

Jatuh Pada Tanggal Berapa Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2022?

Diperbarui: 28 September 2022   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 2022 (Foto: Istimewa)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw sudah menjadi tradisi bagi umat muslim setiap tahunnya. Maulid Nabi Muhammad Saw merupakan hari besar bagi umat muslim di Indonesia dan dunia yang selalu diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Lantas, jatuh pada tanggal berapakah Maulid Nabi 2022?

Bulan Rabiul Awal menjadi salah satu bulan yang diistimewakan dalam Islam. Terlebih lagi ada kaitannya dengan Maulid Nabi. Rabiul Awal menjadi istimewa karena pada bulan inilah Nabi Muhammad Saw dilahirkan ke muka bumi.

Melansir dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) telah mengikhbarkan bahwa penetapan 1 Rabiul Awal 1444 H jatuh pada hari Selasa, 27 September 2022. Berdasarkan ikhbar tersebut, maka dapat disimpulkan Maulid Nabi jatuh pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022.

Banyak cara dalam memperingati Maulid ini. Umat muslim disarankan membaca shalawat nabi agar mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. Anjuran membaca shalawat Nabi terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekan," (HR. Imam Ahmad).

Selain membaca shalawat, moment Maulid ini dapat diisi dengan amalan seperti bersedekah, berdzikir, shalat sunnah, membantu sesama, dan amalan lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline