Lihat ke Halaman Asli

faiqotur rohmah

Mahasiswa IAIN Jember

Guru dan Media

Diperbarui: 9 April 2020   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada zaman sekarang media merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Media merupakan suatu sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, melalui video ataupun audio dan yang lainya, media dapat mendorong semangat siswa untuk belajar karena biasanya media mudah untuk dimengerti.

Media merupakan cara mengajar yang praktis dalam pembelajaran.Tetapi disini guru harus mampu menguasai media dalam pembuatan materi didalamnya. Bagaimana cara penggunaan media dengan baik agar mudah di mengerti oleh siswa dan menarik perhatian siswa dalam belajar.

Manfaat dari media tersebut sangat banyak yaitu

  • Media sendiri dapat menarik perhatian peserta didik menyukai materi pembelajaran
  • Dapat memberikan pengalaman yang mudah dalam belajar
  • Dapat meningkatkan semangat belajar siswa
  • Mempermudah guru dalam memberikan materi

Dari manfaat di atas kita dapat menggunakan media dalam pembelajaran supaya ada kesan yang berbeda, karena jika siswa hanya di berikan materi tanpa media mungkin siswa ada yang belum mengerti dengan materi tersebut, nah di sinilah manfaat dari media untuk guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Guru merupakan perantara ilmu untuk siswanya jadi sebisa mungkin guru harus bisa memberikan pengajaran yang baik untuk siswannya, karena setiap siswa mempunya karakteristik dan pemahaman yang berbeda-beda jadi guru harus dapat menyesuaikan keadaan tersebut, agar guru dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline