Lihat ke Halaman Asli

Denny Boos

TERVERIFIKASI

Profesional

Restoran Halal dan Murah di Berlin

Diperbarui: 7 Januari 2017   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Penampakan Kubideh

Wisata kuliner adalah bagian dari sebuah cerita perjalanan. Berlin sebagai kota metropolitan dan multikultur, menawarkan berbagai macam kuliner. Tidak hanya makanan khas Jerman, Eropa tapi juga kuliner dari berbagai negara bisa ditemukan di sudut kota Berlin. 

Seperti halnya kuliner dari Libanon - Iran yang disajikan restoran El-Reda Berlin, yang cukup menarik wisatawan terutama bagi mereka yang mencari restoran halal. Restoran ini juga menjadi favorit masyarakat Indonesia di area Berlin dan Brandenburg.

Apa yang menarik dari restoran ini?

Dari perkembangan 12 tahun terakhir yang saya bisa lihat, pelayanan dan penyajian menu restoran yang tetap terjaga membuatnya tidak pernah sepi dari pelanggan. Saat jam makan dan akhir pekan, tidak jarang kita akan mendengar pengunjung yang berbahasa Indonesia. 

Sistim pelayanan terus diperbaiki dan ini cukup memudahkan pelanggan yang biasanya ngantri panjang. Setelah kita pesan dan bayar, kita akan mendapat nomor. Lalu menunggu pesanan selesai sambil mencari tempat. Kita tinggal melihat apakah sudah selesai nomor pesanan kita lewat monitor. 

Banyak pilihan menu yang ditawarkan dan salah satu yang paling difavoritkan terutama bagi mahasiswa dan masyarakat Indonesia (dikarenakan porsi yang besar dengan harga yang cukup murah untuk kota Berlin) adalah Kubideh. 

Kubideh adalah daging domba giling dan tomat yang di grill disajikan dengan nasi basmati bersama salat segar. Nasi basmatinya terasa sangat gurih karena dicampur dengan mentega khusus dari restoran tersebut. Kombinasi ini yang membuat ketagihan. Belum lagi, ada sambel yang pedas. Dulu, sambelnya seperti yang ada di restoran Padang rasanya. Tapi makin ke sini, pedasnya dikurangin (atau saya nya yang mulai kebal?)

Satu porsi makanan standard dihargai 6 euro (sekitar 85 ribu rupiah). Disamping itu, sebagai service khusus untuk pelanggan, restoran ini juga menyediakan teh manis hangat yang bisa didapat gratis sepuasnya. Entah kenapa, menurut saya, teh nya juga rasanya seperti teh Indonesia. Karena itu, tidak lagi dipertanyakan kenapa pengunjung tidak pernah sepi.

Alamat:

El Reda

Huttenstraße 69,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline