Lihat ke Halaman Asli

elsa kharisma

Mahasiswa

Bhakti Akademisi UNNES "Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru melalui Buku Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MI Tarbiyatul Islamiyah"

Diperbarui: 10 Oktober 2025   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas di MI Tarbiyatul Islamiyah Sokppuluhan (Sumber : Dokumen Pribadi)

Semarang, 10 Oktober 2025 - Bhakti Akademisi menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu secara nyata di lapangan. Dalam kegiatan tersebut, Elsa Kharisma Ramadhani, mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang (UNNES), mengembangkan inovasi berupa "Buku Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru". Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Penelitian Pendidikan SD yang diampu oleh Bapak Bagas Kurnianto, M.Pd.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung di MI Tarbiyatul Islamiyah Sokopuluhan, beralamat di Jl. Tiwongso No.08 Sokopuluhan Kec.Pucakwangi Kab. Pati. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kepala Sekolah MI Tarbiyatul Islamiyah, Bapak Muhtaris Ghimari, M.Pd.I, yang menyambut baik pelaksanaan program dan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam pengembangan praktik pendidikan di sekolah.

Guru memegang peranan krusial dalam menjamin keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Namun, pada pelaksanaannya, tidak jarang mereka dihadapkan pada berbagai tantangan yang memerlukan solusi konkret melalui refleksi dan tindakan nyata. Melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), guru memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan secara sistematis terhadap praktik mengajarnya, sekaligus berkontribusi dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

Buku panduan guru ini disusun sebagai sumber referensi praktis bagi pendidik dalam merancang dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara sistematis. Di dalamnya terdapat berbagai komponen penting, seperti contoh format laporan PTK, template jurnal refleksi guru, serta langkah-langkah praktis dalam menerapkan PTK agar hasilnya berdampak langsung pada peningkatan mutu pembelajaran. Penyusunan buku ini bertujuan untuk memudahkan guru melakukan refleksi terhadap proses mengajar serta membantu mereka dalam merancang tindakan perbaikan yang relevan, terukur, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, panduan ini dilengkapi dengan referensi terkini yang memperkaya pemahaman guru mengenai teori dan praktik PTK yang selaras dengan perkembangan pendidikan dasar.

Dalam konteks pembelajaran matematika di kelas IV, khususnya pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB), guru sering menghadapi berbagai permasalahan pembelajaran. Misalnya, banyak siswa yang masih kesulitan memahami konsep dasar KPK dan FPB karena pembelajaran terlalu berfokus pada hafalan rumus tanpa mengaitkannya dengan situasi nyata. Selain itu, kurangnya penggunaan media konkret dan kegiatan kontekstual menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan sulit mengaitkan konsep dengan pengalaman sehari-hari.

Melalui penerapan PTK yang berpedoman pada buku panduan ini, guru dapat merancang solusi pembelajaran inovatif seperti penggunaan alat peraga konkret pembelajaran berbasis permainan matematika, serta pendekatan kontekstual yang menghubungkan materi KPK dan FPB dengan aktivitas sehari-hari (seperti menentukan jadwal kegiatan rutin yang sama waktunya). Dengan refleksi berkelanjutan pada setiap siklus PTK, guru dapat menilai efektivitas metode yang digunakan dan melakukan perbaikan berkelanjutan sesuai hasil pembelajaran siswa.

Melalui kegiatan Bhakti Akademisi ini, mahasiswa tidak hanya memperdalam pemahaman teoritis tentang PTK, tetapi juga ikut berperan aktif dalam mendukung peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar. Diharapkan, keberadaan buku panduan ini dapat menjadi sarana pendamping yang efektif bagi guru dalam melaksanakan PTK secara lebih mudah, sistematis, dan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran matematika di kelas, khususnya pada topik KPK dan FPB.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline