Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Menulis itu Hidup

Membangun Bisnis di Tengah Pandemi

Diperbarui: 20 Oktober 2020   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri Kegiatan Bolang goes to Kampung Nila Slilir

Apa Yang Harus dilakukan saat pandemi covid 19 melanda hampir diseluruh penjuru bumi. Stay at Home. Work at Home. Patuhi aturan protokol kesehatan saat keluar rumah. Yang jadi masalah, bagaimana hidup harus terus hidup. Harus tetap ada penghasilan. Harus tetap kreatif agar kebutuhan keluarga tetap terpenuhi. 

Membangun bisnis ditengah pandemi adalah pilihan yang harus dilakukan dan dipilih secara bijak. Kita tak bisa menunggu pandemi usai, baru memulai bisnis. 

Kita juga tak bisa menunggu uluran bantuan dari instansi terkait yang berwenang. Mensikapi hal tersebut, kita perlu belajar kepada Inovasi Kampung Nila Slilir, Kelurahan Bakalan Krajan Kota Malang. 

Bagaimana keseruan membangun bisnis di tengah pandemi di Kampung Nila Slilir, berikut ulasannya. Semoga menginspirasi.

Memilih sendiri atau Bersama

Banyak Orang senang kerja sendiri. Mereka tidak mau ribet berurusan dengan banyak orang. Berjuang sendiri, hasilnya untuk diri mereka sendiri. Tidak ada larangan untuk berusaha secara mandiri. 

Ini adalah pilihan. Kita bisa melihat contohnya pada abang Ojek di pangkalan. Mereka kerja sendiri. Menunggu penumpang yang minta diantar. usai antar, dibayar. selesai. 

Namun  pada perkembangan selanjutnya muncul ojek online, yang notabene bekerja dalam suatu sistem dengan bekerja sama dengan pihak lain.

Bekerja sendiri, susah senangnya ditanggung sendiri. Adanya persaingan bisnis dan kendala yang terjadi, harus diatasi sendiri. Orang lain tidak ada yang peduli. Saat yang bersangkutan sakit, atau ada kepentingan tertentu, bisnisnya praktis terhenti.

Para Peternak Ikan Nila di Slilir sudah ada sebelum ide kampung Nila Slilir dibangun. Diawal mereka bekerja sendiri sendiri. 

Namun dengan membangun support sistem bersama, para peternak ikan ini saling dukung dan saling support. Kendala apapun cepat teratasi dengan cepat. Masalah ikan mati, penyediaan bibit dan segala kendala perikanan cepat teratasi. Nggak Pakai Lama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline