Mohon tunggu...
Eko Irawan
Eko Irawan Mohon Tunggu... Hidup Indah dengan Menulis dan Berbagi

Penulis Sejarah, Budaya, motivasi dan sastra. Pegiat Kampung Sejarah dan Kampung Nila Slilir. Pegiat Sejarah dari Museum Reenactor Ngalam di Kota Malang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Membangun Bisnis di Tengah Pandemi

20 Oktober 2020   11:33 Diperbarui: 20 Oktober 2020   11:43 121 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun Bisnis di Tengah Pandemi
dokpri Kegiatan Bolang goes to Kampung Nila Slilir

Apa Yang Harus dilakukan saat pandemi covid 19 melanda hampir diseluruh penjuru bumi. Stay at Home. Work at Home. Patuhi aturan protokol kesehatan saat keluar rumah. Yang jadi masalah, bagaimana hidup harus terus hidup. Harus tetap ada penghasilan. Harus tetap kreatif agar kebutuhan keluarga tetap terpenuhi. 

Membangun bisnis ditengah pandemi adalah pilihan yang harus dilakukan dan dipilih secara bijak. Kita tak bisa menunggu pandemi usai, baru memulai bisnis. 

Kita juga tak bisa menunggu uluran bantuan dari instansi terkait yang berwenang. Mensikapi hal tersebut, kita perlu belajar kepada Inovasi Kampung Nila Slilir, Kelurahan Bakalan Krajan Kota Malang. 

Bagaimana keseruan membangun bisnis di tengah pandemi di Kampung Nila Slilir, berikut ulasannya. Semoga menginspirasi.

Memilih sendiri atau Bersama

Banyak Orang senang kerja sendiri. Mereka tidak mau ribet berurusan dengan banyak orang. Berjuang sendiri, hasilnya untuk diri mereka sendiri. Tidak ada larangan untuk berusaha secara mandiri. 

Ini adalah pilihan. Kita bisa melihat contohnya pada abang Ojek di pangkalan. Mereka kerja sendiri. Menunggu penumpang yang minta diantar. usai antar, dibayar. selesai. 

Namun  pada perkembangan selanjutnya muncul ojek online, yang notabene bekerja dalam suatu sistem dengan bekerja sama dengan pihak lain.

Bekerja sendiri, susah senangnya ditanggung sendiri. Adanya persaingan bisnis dan kendala yang terjadi, harus diatasi sendiri. Orang lain tidak ada yang peduli. Saat yang bersangkutan sakit, atau ada kepentingan tertentu, bisnisnya praktis terhenti.

Para Peternak Ikan Nila di Slilir sudah ada sebelum ide kampung Nila Slilir dibangun. Diawal mereka bekerja sendiri sendiri. 

Namun dengan membangun support sistem bersama, para peternak ikan ini saling dukung dan saling support. Kendala apapun cepat teratasi dengan cepat. Masalah ikan mati, penyediaan bibit dan segala kendala perikanan cepat teratasi. Nggak Pakai Lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN