Lihat ke Halaman Asli

Egi Sukma Baihaki

Blogger|Aktivis|Peneliti|Penulis

GIIAS2019, Geliat Inovasi Astra Financial Menghadapi Tantangan Zaman dan Kebutuhan Masyarakat

Diperbarui: 22 Agustus 2019   01:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Pimpinan PT Astra International Tbk dan Para Pimpinan Lembaga Jasa Keuangan yang Tergabung dalam Astra Financial. Dok. Pribadi

Event pameran otomotif tahunan terbesar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kali ini kembali hadir menyemarakkan tahun 2019. Bertempat di ICE BSD City, Tangerang dan berlangsung sejak tanggal 18 sampai 28 Juli mendatang. Pada kesempatan GIIAS tahun ini, Astra Financial kembali menjadi sponsor utama event tahunan tersebut.

Dalam kesempatan pembukaan booth Astra Financial, Suparno Djasmin selaku Direktur PT Astra International Tbk menyampaikan bahwa sudah kedua kalinya sejak tahun 2018  Astra Financial menjadi sponsor utama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Dukungan Astra Financial terhadap pelaksanaan GIIAS 2019 ini diapresiasi oleh Wimboh Santoso, selaku Ketua Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Peluncuran Booth Astra Financial. Dok. Pribadi

Dengan mengusung tema “ Inspiring Financial Solution” pada GIIAS 2019, Astra Financial berkeinginan untuk memberikan solusi dan kemudahan pelayanan keuangan yang best value bagi para konsumen baik pada segi pelayanan pembiayaan, asuransi dan perbankan. Tema ini tidak hanya sekadar selogan semata, tetapi dibuktikan dengan upaya Astra Financial dalam memberikan pelayanan yang paripurna dan memudahkan para konsumennya.

Beragam masalah dan kesulitan yang dialami oleh masyarakat menjadi tantangan bagi penyedia jasa keuangan untuk hadir dan memberikan solusi serta kemudahan. Tantangan lainnya bagi penyedia jasa keuangan tentunya adalah meningkatkan kepercayaan publik terhadap layanan yang diberikan. Penyedia jasa keuangan harus mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan, serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

Enam Booth Lembaga Jasa Keuangan Astra Financial. Dok. Pribadi

Tantangan ini perlu diantisipasi dengan terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, ditambah dengan menghadirkan program yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat. Penyedia jasa keuangan harus tahu bahwa konsumennya bisa berasal dari beragam latar belakang dan memiliki kebutuhan yang berbeda.

Kondisi di atas ditangkap oleh Astra Financial dengan menghadirkan sebelas lembaga jasa keuangan (LJK) pada kesempatan GIIAS 2019 yang dapat menjadi solusi kebutuhan masyarakat meliputi pelayanan pada sektor pembiayaan, perbankan, asuransi, teknologi keuangan, modal ventura dan dana pensiun. Sebelas Lembaga jasa keuangan yang tergabung dalam Astra Financial adalah ACC, TAF, Asuransi Astra, PermataBank, FIFGROUP, Astra Life, Astra Ventura, Maucash, Komatsu Astra Finance, SANFinance dan Dana Pensiun Astra.

Selain itu, di era teknologi, tentu semua sudah harus terkoneksi dengan aplikasi digital. Rutinitas dan kesibukan dari para konsumen dapat diatasi dengan menghadirkan inovasi layanan berbasis teknologi digital yang dapat dengan mudah diakses oleh konsumen terutama di saat kondisi darurat. Program-program layanan juga perlu didukung dengan teknologi yang dapat mempermudah konsumen dalam mengakses layanan termasuk mengajukan pendaftaran dan klaim. Sebagai solusi, Astra Financial juga melakukan digitalisasi proses bisnis yang berdampak pada efisiensi dan efektifitas operasional serta dapat dengan mudah diakes oleh para konsumen.

Suasana di Main Booth Astra Financial. Dok. Pribadi

Selama pelaksanaan GIIAS 2019, para pengunjung bisa menikmati beragam inovasi yang ditawarkan oleh Astra Financial. Melalui enam booth lembaga jasa keuangannya, Astra Financial memberikan banyak hiburan menarik dan hadiah yang bisa dibawa pulang oleh para pengunjung. Selain itu, ada banyak promo yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

FIFGROUP  sebagai perusahaan penyedia jasa pembiayaan kendaraan bermotor dan elektronik pada event GIIAS memberikan promo berupa program Bunga 0% bagi konsumen yang tenornya lebih dari setahun. Kemudahan yang diberikan FIFGROUP lainnya adalah dengan promo DP mulai dari 20 % bagi konsumen dan hemat angsuran hingga Rp 3,5 juta bagi konsumen tenornya tiga tahun. Ada juga promo dari PermataBank yang menawarkan cash back 10% setiap harinya di seluruh SPBU bagi yang membuka rekening PermataTabungan Bebas dan atau Kartu Kredit AstraWorld PermataCard. Nasabah Tabungan Bebas juga mendapatkan cashback 100 % untuk transaksi yang pertama kali dilakukan. Kemudahan lain yang diberikan adalah gratis tarik tunai di ATM mana saja. Kesempatan GIIAS 2019 sangat cocok bagi yang ingin beli mobil baru, kredit mobil atau kredit motor dengan cicilan 0% dan kredit mobil 0%.  Bagi konsumen ACC dan TAF, tersedia promo bunga 0 % bagi konsumen yang melakukan tenor selama setahun atau melakukan DP 25% berupa angsuran pertama yang dibayar di muka.  Nah, bagi konsumen yang melakukan pengajuan SPK mobil, akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan banyak hadiah termasuk iPhone XS dan iWatch. 

Bagi para pemilik kendaraan, Garda Oto hadir dalam GIIAS 2019 dan memberikan promo berupa program  pelayanan 24 jam kepada para konsumennya. Sehingga dalam kondisi apa saja konsumen tetap dapat menikmati pelayanan yang maksimal. Tdak hanya berhenti di situ saja,  dalam rangka adaptasi terhadap teknologi digital, sudah tersedia Garda Mobile Otocare yang dapat dengan mudah diakses oleh konsumen untuk memantau kondisi kendaraan dan mempermudah proses klaim terutama di saat kondisi darurat.

Astra Life sebagai Lembaga Jasa Keuangan berupa asuransi jiwa dalam kesempatan GIIAS 2019 juga  memberikan perlindungan jiwa bagi konsumen yang melakukan kredit kendaraan khusus bagi nasabah TAF dan ACC. Selama GIIAS 2019 berlangsung, Astra Life juga memberikan special cash back bagi pembeli asuransi jiwa selama event tersebut berlangsung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline