Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Zain Sarnoto

pemerhati pendidikan, psikologi dan agama

Ini Semua Salahnya Corona

Diperbarui: 25 Mei 2020   07:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

RAMADHAN telah berakhir, dengan setumpuk kenangan, masih terngiang hari-hari penuh dengan semangat membaca Al-Qur'an, sholat, berzikir, berinfak serta amalan lainya.

Kini itu semua tinggal kenangan, ramadhan telah berlalu, pergi meninggalkan kita dan masih dalam suasana wabah pandemi covid-19, jika ditahun sebelumnya, ketika ramadhan berakhir dan masuknya syawal menjadi hari yang menggembirakan karena berhasilnya umat Islam menjalankan tugas spiritualnya dengan ibadah puasa.

Namun, tahun ini lebaran 1 Syawal seolah "hampa", walaupun pemerintah daerah khususnya kota bekasi, telah memberikan izin melakukan sholat idul fitri di sebagian kelurahan, tetapi sebagian masyarakat justru kuatir akan menjalarnya wabah covid-19 ditengah pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Ini semua salahnya corona,  yang biasanya takbiran keliling di malam lebaran, dari gang-gang dan jalan-jalan menjadi meriah dan  ramai  kini ditiadakan, sehingga anak-anak yang biasa berekspresi meluapkan kegembiraan lebaran menjadi sirna.

Ini semua salahnya corona, masjid dan lapangan yang biasa digunakan sholat idul fitri sepi, kalaupun ada semua dalam suasana kuatir,  sehingga sholat idul fitri dirumah dengan imam dan khotib dadakan, para ayah/bapak yang bisa jadi baru terjadi selama hidup.

Ini semua salahnya corona, kita tidak bisa lebaran bersama keluarga, tetangga, teman dan sahabat untuk saling bersalaman, bahkan tidak bisa mudik lebaran, padahal lebaranlah moment berkumpul dan berbahagia bersama mereka.

Ini semua salahnya corona, biasanya jalan-jalan disemua sudut kota, kabupaten dan provinsi macet termasuk tol, karena semangat lebaran, sekarang sepi, pemeriksaan dimana-mana, ribuan mobil dan motor yang mudik lebaran dihalau untuk putar balik ke rumah masing-masing.

Ini semua salahnya corona, kue-kue lebaran yang biasanya tersedia bermacam-macam jenis di setiap meja rumah-rumah penduduk, kini tidak tersedia bahkan rumah-rumahpun "tertutup" untuk dikunjungi.

Ini semua salahnya corona, hotel dan tempat wisata tutup, sehingga tidak bisa berlebaran bersantai dan berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, padahal sudah berbulan-bulan menabung mengumpulkan uang untuk liburan masa lebaran ini.

Ini semua salahnya corona, para penjual baju lebaran menjadi sepi pembeli, karena takut tertular, padahal para pedagang biasa merauk untung besar saat lebaran.

Ini semua salahnya corona, para artis yang biasa manggung live di televisi nasional dengan kontrak  yang "mahal" , dengan berdandan rapi seperti "para santri" yang berpenampilan Islami sesaat. Gara-gara corona semua media mengikuti kebijakan pemerintah untuk membatasi kerumunan, sehingga bisa jadi "kontrak" jutaan bahkan milyaran rupiah para artis untuk manggung saat lebaran di batalkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline