Lihat ke Halaman Asli

Dzikry Nurzamil

Universitas Pendidikan Indonesia - Pendidikan Bisnis

KKN Tematik UPI 2021: Peningkatan dan Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Covid

Diperbarui: 28 Juli 2021   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perjanjian kerja sama melakukan kegiatan KKN dengan UMKM JNVAPE.

           Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat sehingga mengakibatkan Pemerintah memberlakukan sistem jaga jarak sosial yang disebut PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Lalu kebijakan pemerintah yang terbaru pada saat ini adalah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat dan akan diberlakukan dari tanggal 3 - 20 Juli 2021. Namun kebijakan di ubah kembali oleh bapak Presiden Joko Widodo, dimana PPKM darurat ini akan diberlakukan sampai akhir Juli 2021.

            Pandemi Covid-19  yang semakin menyebar di Indonesia, beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah di Indonesia memberikan dampak pada beberapa sektor di Indonesia, salah satunya yaitu pada sektor ekonomi. Hal ini tidak terlepas dari adanya Covid-19 yang berdampak pada sektor perdagangan, usaha lokal IRT (Ibu Rumah Tangga), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di sisi lain, ekonomi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan, sebagaimana diketahui bahwa seseorang akan bersinggungan secara langsung dengan kebutuhan ekonomi dalam menjalankan kehidupan. Di tengah susahnya mencari pekerjaan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan rentannya penularan virus covid-19 ini membuat pekerja tertentu tidak bisa bekerja dan tidak mendapatkan tunjangan apapun.

            Melalui KKN Tematik yang saat ini dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia dengan tema “Membangun Desa Melalui Bidang Ekonomi” bertujuan untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan Covid-19. Dengan KKN Tematik saya Dzikry Nurzamil L dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan Bapak Kuswanto M,Pd membantu memberikan pendampingan dan penguatan melalui Digital Marketing pada UMKM di daerah sekitar, dimulai dari tanggal 7 Juli sampai 26 Juli 2021 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

            Kegiatan KKN yang dilakukan meliputi pemberian motivasi bisnis, pendampingan dan membantu dalam bidang pemasaran digital. UMKM yang bergerak dan mengandalkan offline store sangat terdampak pandemic karena penjualan yang kurang. Digital Marketing menjadi alternative lain agar bisnis tetap berjalan, memelihara sosial media dengan konten yang menarik sehingga konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut. Digital marketing membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur.

Salah satu konten yang sudah saya buat untuk Instagram Story JNVAPE pada masa PPKM

            Digital Marketing merupakan seluruh aktivitas pemasaran secara digital menggunakan media elektronik dan internet. Saat ini, Indonesia sedang memasuki era digital yang mengharuskan pebisnis untuk memahami perkembangan dan penerapan teknologi baru. Beberapa bisnis di Indonesia saat ini sudah mulai memanfaatkan Digital Marketing karena dinilai efektif dalam memasarkan produk atau jasa secara online. Salah satunya melalui media sosial sebagai langkah awal untuk membangun brand awareness. Gaya hidup yang semakin modern menjadi alasan mengapa Digital Marketing menjadi penting saat ini. Sebagai pebisnis sangat diuntungkan dengan mudahnya berinteraksi dengan customer secara real time melalui berbagai cara, seperti media sosial, email, dan website.

DPL: Kuswanto M,Pd

           




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline