Lihat ke Halaman Asli

Dwi Wahyuni

Fak. Farmasi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

Pembuatan Jamu Peningkat Imunitas di Desa Mojoroto

Diperbarui: 26 Februari 2022   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jamu adalah ramuan bahan alam yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral, sedian galenik,atau campuran bahan-bahan tersebut yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Jamu mengandung komponen yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, terlebih  pada masa pandemi covid  19 seperti sekarang ini. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di kec. Mojoroto Kota Kediri yang merupakan salah satu daerah padat penduduk dan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan warga dalam pembuatan jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

Metode : Melakukan sosialaisasi, pretest dan postest untuk mengukur tingkat pemahaman dan ketrampilan masyarakat  mengenai pemahaman tentang jamu herbal peningkat imunitas tubuh

Pembuatan jamu herbal peningkat imunitas kepada masyarakat di kec. Mojoroto dilakukan secara kelompok kecil (maks. 10 warga) dengan memperhatikan protocol Kesehatan berupa pemakaian masker dan jaga jarak.  

Kegiatan ini dilanjutkan dengan demonstrasi tentang pembuatan jamu berbahan herbal dan berkomponen sebagai peningkat imunitas tubuh. Pemahaman dan ketrampilan masyarakat mengenai pembuatan jamu herbal di kec. Mojoroto meningkat dari rata-rata 45% menjadi 80%. 

Masyarakat sangat antusias dalam pelaksaanaan program ini dan berharap dapat membuat jamu herbal secara mandiri di lingkungan keluarga agar dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh yang pada akhirnya Kesehatan masyarakat akan terjaga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline