Lihat ke Halaman Asli

Gobin Dd

TERVERIFIKASI

Orang Biasa

Mimpi Buruk PSG dan Liverpool Perlu Kubur Ambisi Balas Dendam

Diperbarui: 9 November 2022   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Trofi Liga Champions Eropa.Foto:AFP/Fabrice Coffrini via Kompas.com

Hasil undian babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022-2023 yang berlangsung di Nyon, Swiss (7/11/22)  sudah bisa ditebak. Akan ada pertarungan antara tim-tim besar di babak 16 besar. 

Boleh dibilang pada babak 16 besar yang berlangsung setelah Piala Dunia 2022 November-Desember di Qatar akan menyajikan laga berasa final kepagian. 

Benar saja. Dua laga yang dipandang final kepagian. Duel antara raksasa asal Paris, Paris Saint Germain (PSG) kontra Bayern Munchen, dan laga antara Liverpool kontra Real Madrid. 

Hasil undian kontra Bayern Muenchen, Mimpi Buruk PSG?

PSG termasuk tim besar yang sangat memimpikan untuk meraih si kuping besar. Bukan rahasia lagi jika impian itu merupakan bagian dari cara PSG untuk menegakkan supremasinya di Eropa. 

Berkat kekuatan uang dari pengusaha asal Timur Tengah,  PSG melakukan investasi besar dengan mendatangkan para pemain bintang. Alhasi, PSG  menjadi salah satu raksasa di Prancis dan di Eropa.  

Akan tetapi, pencapaian di level prestasi cukup bertentangan di antara ranah domestik dan Eropa. 

Di Prancis, PSG boleh saja begitu kuat. Sulit untuk ditaklukan. Bahkan musim ini, PSG belum terkalahkan di Liga Prancis.  

Memang, sempat ada tim yang meruntuhkan dominasi PSG. Hal itu pun hanya berlangsung semusim. Selebihnya, PSG selalu bisa merebut kembali trofi domestik dari para pesaingnya di Prancis. 

Di Eropa jalan PSG tak begitu mulus . Prestasi terbaik PSG di Liga Champions Eropa ketika masuk final di tahun 2020, tetapi kalah tipis dari Bayern Muenchen, yang nota bene lawan PSG di babak 16 besar musm ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline