Lihat ke Halaman Asli

inovasi Drive -thru service yang sangat baik

Diperbarui: 6 Mei 2025   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Lantatur (akronim dari layanan tanpa turun) atau kendara lewat (bahasa Inggris: drive-through atau drive-thru) adalah jenis layanan pesan bawa pulang yang disediakan suatu niaga, di mana pelanggannya dapat menggunakan suatu layanan atau membeli suatu produk tanpa perlu meninggalkan mobil atau sepeda motor. Cara ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada dekade 1930-an oleh Jordan Martin,dan kemudian sejak itu menyebar ke negara lain. Lantatur pertama yang pernah tercatat adalah layanan teller bank oleh Grand National Bank di St. Louis, Missouri pada 1930.Di Indonesia sendiri, lantatur lebih populer dengan istilah drive-thru. Pencetus istilah ini masih "semi-anonim".

Di Indonesia, lantatur sendiri mulai dipopulerkan oleh bisnis restoran cepat saji dan kedai kopi, khususnya mereka yang diwaralaba langsung dari Amerika Serikat. Beberapa bisnis makanan dan minuman waralaba yang menyediakan lantatur di Indonesia, seperti  McDonald's, 

khususnya yang bergerak dalam bidang produk dan jasa konsumen, serta beberapa layanan pemerintahan, juga menyediakan lantatur dengan versinya masing-masing.

Layanan drive thru memudahkan pelanggan saat ingin membawa pulang hidangan tanpa perlu turun dari kendaraan. Restoran McDonald's termasuk salah satu yang menyediakan layanan drive thru.

Pelanggan tak perlu turun dari kendaraan. Tinggal masuk ke area gerai yang sudah bertanda jalur drive thru, memesan lewat mikrofon dan speaker, kemudian menuju loket tempat pembayaran dan pengambilan pesanan.

Memesan makanan di McD bisa dilakukan melalui kasir, tapi juga dengan drive thru. Bagi yang baru pertama kali, ketahui cara drive thru McD yang praktis untuk memesan makanan dengan lebih mudah tanpa turun dari kendaraan 

Hanya saja, beberapa orang mungkin bingung karena ada pelanggan yang memanfaatkan layanan drive thru secara beriringan, sehingga sama-sama berada di titik pembayaran dan pengambilan pesanan. Bahkan ada yang rela turun dari kendaraan untuk mengambil pesanan di sana.

Supaya antrean drive thru teratur dan menghindari kesalapahaman, McDonalds' Indonesia mengkampanyekan #BedaRodaSatuJalur. "Melalui kampanye #BedaRodaSatuJalur kami berharap dapat menghadirkan inklusifitas bagi para konsumen yang berasal dari latar belakang yang beragam dan memiliki jenis kendaraan yang beragam pula," kata Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald's Indonesia dalam keterangan tertulis. "Kami hendak membawa pesan, meski di jalan raya kita berbeda, namun di McDonald's kita semua sama."

Sutji melanjutkan, kampanye ini sekaligus menjawab pertanyaan konsumen perihal kendaraan apa saja yang dapat dilayani melalui jalur drive thru McDonald's. "Kendaraan apa pun yang digunakan oleh konsumen, mereka tetap dapat memesan makanan melalui jalur drive thru," ucapnya
Sutji melanjutkan, kampanye ini sekaligus menjawab pertanyaan konsumen perihal kendaraan apa saja yang dapat dilayani melalui jalur drive thru McDonald's. "

Kampanye tersebut, dia mengatakan, juga menekankan, meski setiap konsumen naik kendaraan yang berbeda-beda saat memanfaatkan layanan drive thru, McDonald's tetap melayani dengan cara yang sama. "Kami ingin memberikan energi positif dan semangat persamaan di masa seperti ini," tutup Sutji.

Memesan makanan melalui layanan drive thru bisa dijadikan pilihan bagi yang ingin menghemat waktu karena kemungkinan untuk antre cukup kecil. Drive thru ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis kendaraan, baik mobil maupun motor.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline