Lihat ke Halaman Asli

Djulianto Susantio

TERVERIFIKASI

Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Pilkada Jakarta yang Gaduh Mendorong Arkeolog Menyelenggarakan Seminar Kebhinekaan

Diperbarui: 17 Mei 2017   09:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seminar Merajut Kebinekaan (Foto: Shalihah S. Prabarani)

Tadi pagi berlangsung Seminar Merajut Kebinekaan bertema “Kebinekaan Warisan Budaya Nusantara dalam Tantangan Masa Kini dan Mendatang”. Pilihan kebinekaan mengacu pada penyelenggaraan pilkada di beberapa wilayah, utamanya di Jakarta. Pilkada tersebut mengusik kesadaran sebagian masyarakat akan hal yang mendasar sebagai bangsa Indonesia, yaitu “akankah kita terpecah belah oleh perbedaan sejenak?”

Kebinekaan SARA yang menjadi identitas bangsa Indonesia “dipreteli”, digolong-golongkan, dan dikembalikan ke asal-muasalnya. Perbedaan yang semula berdampingan menjadi berhadapan, dan yang tadinya melengkapi menjadi menegasi. Sebutan mayoritas versus minoritas menjadi topik bahasan di diskusi, seminar, kampanye, acara televisi, media sosial, warung kopi, dan lain-lain. Mestikah kita diam? Nah, begitulah alasan penyelenggaraan seminar sebagaimana yang tertulis dalam brosur.

Seminar Merajut Kebinekaan diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komda Jabodetabek di Balai Agung. Para pembicara terdiri atas ahli genetika Prof. dr. Herawati Supolo-Sudoyo, membahas asal-usul orang Indonesia dari sudut pandang genetika; ahli arkeologi Prof. (Ris) Harry Truman Simanjuntak, membahas keberagaman budaya Indonesia masa lampau yang menunjukkan wujud keharmonisan budaya; dan  dan antropolog Dr. Kartini Sjahrir, membahas perubahan budaya Indonesia hasil interaksi berbagai budaya dunia. Sebagai moderator Dr. Wiwin Djuwita Ramelan, pengajar Departemen Arkeologi UI.

Genneka Tunggal Ika

Prof. Herawati membawakan makalah bertopik Genneka Tunggal Ika, maksudnya Aneka Gen, Satu Indonesia. Peneliti Lembaga Biologi Molekuler Eijkman ini, mengaitkan DNA dengan asal nenek moyang. Lalu ia menggunakan sebaran penutur bahasa Austronesia. Bahasa-bahasa di Nusantara, katanya,  umumnya berasal dari rumpun Austronesia. Jumlahnya ada 700-an bahasa. Menggunakan temuan arkeologi, menurut Herawati, Nusantara telah didiami manusia modern 50.000 tahun lalu.

Hunia di Asia Tenggara (Foto: Yusmaini E.)

Menurut Hera, manusia modern keluar dari Afrika 70.000 tahun yang lalu. Dari Afrika, manusia modern menyebar ke Australia, Eropa, Asia, dan sebagainya. Migrasi manusia modern ini diketahui melalui DNA. Dari Formosa (Taiwan) manusia modern migrasi ke Nusantara. Pada masa berikutnya, masa sejarah, manusia modern melakukan migrasi ke Nusantara karena perdagangan. Jadi kata Herawati tidak ada gen murni. Manusia Indonesia adalah campuran dari beragam genetik dan semuanya pada dasarnya berasal dari Afrika.

Selanjutnya Truman Simanjuntak mengatakan bukti-bukti arkeologi dengan jelas memperlihatkan kebinekaan manusia dan budaya Nusantara di sepanjang perjalanan waktu. Sejak kedatangan Homo erectus, manusia kepulauan pertama di dunia, jutaan tahun yang lalu, kebinekaan sudah berkembang baik dalam tampilan fisik manusia maupun budayanya sebagai hasil proses adaptasi dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Kebinekaan berlanjut seiring kedatangan manusia modern puluhan ribu tahun yang lalu yang kemudian menurunkan ras Australomelanesid sejak akhir Zaman Es. “Kebinekaan semakin berkembang menyusul kedatangan ras Monggolid yang bertutur Bahasa Austroasiatik dan kemudian penutur Austronesia di bilangan empat ribu tahun lalu,” jelas Truman.

Dari kiri Prof. Truman Simanjuntak, Prof. Herawati, Dr. Kartini Sjahrir, dan Dr. Wiwin D. Ramelan (Foto: cnnindonesia.com)

Semakin ke masa yang lebih muda pada zaman protosejarah, sejarah, hingga sekarang, Nusantara semakin bineka oleh rentetan pendatang dari aneka ras dan etnisitas dengan keragaman budaya. Kebinekaan mencapai puncaknya di era globalisasi  dimana dunia seakan menjadi kampung besar dengan penghuni yang saling berinteraksi dan beradaptasi.Tambah Truman, kebersamaan, persaudaraan, gotong royong, toleransi, dan kearifan lokal merupakan nilai-nilai warisan para leluhur yang senantiasa perlu kita rajut di tengah-tengah perbedaan.

Antropolog Kartini Sjahrir menilai konstruksi sosial NKRI adalah kemajemukan, seperti ragam etnis, golongan, aliran kepercayaan, bentuk fisik, dan adat. Kartini mengritik istilah pribumi dan nonpribumi yang dikatakannya kebodohan yang mendasar, ibarat si Malin Kundang lupa ibunya.

Pada bagian lain Kartini menilai pilkada 2017 merupakan pilkada yang paling busuk. “Ini pembelajaran bagi kita semua  siapa nenek moyang kita, termasuk konflik mengatasnamakan ras dan agama. Jangan mempermainkan kemajemukan kita. Perbedaan itu untuk kita kelola, bukan pertentangkan,” katanya.  Ditambahkan, inilah kemunduran cara berpikir. Agama itu bukan ciptaan kita, berasal dari luar dan kita terima.

Tidak ada gen murni (Foto: Shalihah S. Prabarani)

Menurut Kartini, kita adalah bangsa yang majemuk. Faktor dari luar datang memperkaya kebudayaan kita. Janganlah kita sibuk memilah-milah. Kartini mencontohkan banyak orang sering memaki, “Cina lu, sialan lu. Eh habis maki-maki, makannya mie baso,” kata Kartini. Mie dan baso merupakan dua jenis kuliner yang populer di Indonesia dan berasal dari negeri Cina.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline