Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Internet dan Dampaknya

Diperbarui: 22 September 2022   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Internet merupakan tempatnya sumber informasi dan sudah menjadi bagian dari kegiatan kita sehari-hari, baik itu untuk pekerjaan, tugas sekolah, tugas kuliah, maupun hanya untuk sekedar hiburan semata. Dengan jaringan yang bersifat global maka tidak heran bahwa internet dapat diakses kapan saja dan di mana saja. 

Sebagai sumber informasi, internet mempunyai peran penting dalam kehidupan kita, hal-hal yang tidak dapat kita temui secara langsung dapat kita temui di internet. Selain buku dan pengajar, siswa dan mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai salah satu sumber belajar mereka, kemudahan yang diberikan ini menjadikan internet sebagai pilihan yang efisien bagi orang-orang dan terkadang dijadikan sebagai sarana untuk membuat keputusan.

Namun, perlu disadari bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula dengan informasi yang kita dapatkan dari internet. Banyak hal-hal negatif yang perlu kita waspadai dalam menggunakan internet, seperti adanya berita-berita palsu yang tak jarang memicu konflik, cyber bullying, pornografi, tindakan kekerasan, kesehatan mata yang menurun dan lainnya.

Oleh sebab itu, untuk terhindar dari dampak negatif di atas, sebagai pengguna internet yang baik kita harus memilah-milah informasi yang kita dapat dan memastikan kebenarannya terdahulu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline