Lihat ke Halaman Asli

Dinda Annisa

Penterjemah Lepas

Shoby Jan Menjadi Pengusaha Sukses dengan Bantuan Program UMEED

Diperbarui: 14 Oktober 2022   06:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Shoby Jan sukses dalam usaha sepatu di Kulgam, Jammu dan Kashmir. | Sumber: thekashmirmonitor.net

Oleh Dinda Annisa

Mengatur uang untuk memenuhi pengeluaran keluarga bukanlah hal yang mudah bagi mereka yang memiliki sumber pendapatan rendah. Seorang pengusaha inspiratif dari desa Katapora di distrik Kulgam, Jammu and Kashmir (J&K), mengambil tantangan untuk meningkatkan pendapatan finansialnya demi meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Ia tidak lain adalah Shoby Jan, putri seorang tukang kayu.

Ia mengambil bantuan dari program UMEED Jammu dan Kashmir National Rural Livelihood Mission (NRLM) untuk memiliki pendapatan yang stabil dan kehidupan yang sejahtera.

Shoby adalah pemilik toko alas kaki "Step in and out Footwear" di lingkungan sekitar Yaripora. Ia menggunakan jasa kakaknya dalam bisnisnya.

Bagaimana ia menjadi pengusaha sukses?

"Begitu saya mengetahui tentang skema UMEED yang memberikan bantuan kepada perempuan untuk pembangunan ekonomi melalui skema keuangan, itu memberi saya dorongan. Jadi saya bergegas memanfaatkan manfaat yang diberikan oleh UMEED," kata Shoby kepada kantor berita IANS.

Shoby mengatakan bahwa ia bergabung dengan kelompok swadaya di mana ia menerima dukungan keuangan awal sebagai dana bergulir (RF) sebesar Rs 15.000 (AS$182,31).

"Kemudian saya memanfaatkan Community Investment Fund [CIF] sebesar Rs 40.000," katanya.

Selanjutnya, ia mendapatkan Bank Linkage sebesar Rs 300.000 (dalam bentuk bagian pertama Rs 100.000 dan bagian kedua sebesar Rs 200.000) serta menerima Total Capitalization Support dari NRLM bersama dengan Bank Linkage senilai Rs 355.000.

Dengan mendapatkan bantuan beberapa kali dari NRLM dalam bentuk dukungan keuangan, ia tidak hanya mengelola bisnis alas kaki, tapi ia juga memulai pabrik pertukangan kayu untuk ayahnya yang seorang tukang kayu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline