Lihat ke Halaman Asli

Dimas Satrio

Mahasiswa

Leadership

Diperbarui: 5 September 2021   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Definsi di dalam leadership: 

Pasti kalian sudah pernah tau pengertian leadership itu apa tetapi pengertian leadership itu tidak sampai di situ saja melainkan leadership memiliki 6 kompenen di dalamnya yaitu: pengaruh, perubahan, tujuan, orang, pengikut dan juga niat nah didalam 6 kompenen tersebut memiliki arti yang berbeda beda yang pertama pengaruh dalam setiap leadership itu memiliki pengaruh antar atasan dengan bawahan nya leadership itu bisa membuat bawahan nya bisa sehati dan sevisi misi atau setujuan dengan atasan nya di karenakan leadership itu menginvestasikan semua kepada karyawan ataupun manusia oleh sebab itu atasan dan bawahan memiliki kedekatan satu sama lain. 

Perubahan setiap orang ataupun perusahan pasti ingin untuk berubah lebih baik oleh sebab itu untuk menjadi lebih baik seorang leadership harus memiliki visi dan misi yang membuat karyawan atau bawahan itu semangat untuk berubah. 

Tujuan dalam setiap perusahaan pasti ada tujuan yang ingin di capai oleh sebab itu atasan itu harus memotivasi bawahan nya agar dapat mencapai tujuan tersebut. 

Selanjut nya ada orang, pengikut dan niat di awali dahulu dari orang pemimpin itu jugalah orang yang ingin mencapai suatu tujuan dalam perusahaan oleh sebab itu pemimpin juga butuh pengikut di dalam perusahaan nya itu jikalau pemimpin melayani pengikut nya dengan baik dan memperhatikan nya dengan baik maka pengikut itu akan menjadi lebih niat dalam suatu tujuan perusahaan. Nah itu tadi adalah pengertian di dalam leadership. Selanjutnya adalah paradigma leadership 

Paradigma Leadership: 

Sebelum kita masuk lebih dalam tentang paradigma apa saja yang ada di dalam leadership ada baiknya kita membahas definisi dari paradigma tersebut. 

Paradigma: berkaitan dengan cara orang berfikir terdahap suatu hall ataupun cara orang memahami dari sisi satu dan sisi lain nya ternyata di dalam pradigma leadership terdapat 2 paradigma yaitu paradigma yang tua dan juga paradigma yang baru dari leadership yang membedakan kedua paradigma tersebut adalah cara pandang atau cara memahami nya jikalau paradigma yang lama menganggap bahwa stabilitas adalah segala nya tetapi di dalam paradigma yang baru adalah kita harus berubah dan terus bergerak menuju yang terbai.

Ada juga pradigma yang menganggap leadership itu merupakan sebuah atasan yang mengendalikan bawahan nya tetapi di paradigman yang baru di ubah menjadi fasilitatorr jadi antara atasan dan bawahan harus ada hubungan satu dengan yang lain dan juga paradigma yang lama adalah pesaing namun di paradigma yang baru diubah menjadi kolaborasi karena kolaborasi lebih baik di bandingan persaingan, dan paradigma yang lama juga menganggap bahwa leadership itu harus menjadi hero atau pahlawan tetapi di paradigma yang baru di ubah menjadi humble atau bisa di sebut rendah hati karena dengan rendah hati tersebut kita dapat mendengarkan keluh kesah bawahan kita dan juga mengerti perasaan nya.

Kesalahan fatal dalam leadership: 

Kesalahan fatal yang sering di alami oleh pemimpin suatu perususahaan itu adalah kurangnya bisa dari kurang nya kulitas dari pemimpinnya dan bisa juga pemimpin tersebut kurang mendengarkan atau kurang menghargai karyawan nya sehingga menimbulkan kesalahan fatal dan bisa terjadi ketika pemimpin tersebut kurang memberikan pelatihan pelatihan terhadap karyawan nya jadi kinerja dari karyawan itu menurun dan mengakibatkan ketidak sesuaian antara kebutuhan kerja dan keterampilan kerja dari karyawan tersebut 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline