Lihat ke Halaman Asli

Menjaga Asa "Aksi Super Damai 212" Tetap Damai

Diperbarui: 2 Desember 2016   06:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: www.eramuslim.com

Alih-alih merasa was-was dengan pelaksanaan aksi super damai pada hari ini, 2 Desember 2016, jauh lebih baik kita meyakini bahwa para peserta mengikuti aksi dengan tertib dan santun.

Saya sendiri meyakini hal itu. Tanpa perlu banyak mengutip pernyataan tokoh dan aparat. Keyakinan saya berkaca dari pengalaman bagaimana masyarakat berpraduga menjelang dan saat aksi damai 4 November silam alias 411.

Saat itu, baik di obrolan warung kopi dan perbincangan di media  sosial bersautan soal kekhawatiran meletusnya kericuhan. Puji Tuhan, hal itu tidak terjadi. Jikapun ada letupan, aparat sigap meredamnya dan menindak pelaku sebagai wujud pemberian efek jera.

Bagaiman dengan aksi di awal Desember? Kita patut memberikan apresiasi besar akan adanya kesepakatan Kepolisian RI dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) untuk tetap menggelar aksi damai dengan agenda doa bersama dan diakhiri dengan sholat jumat di kawasan Monas.

Dengan adanya hasil kesepakatan, aksi super damai diharapkan masyarakat tidak terpancing oleh isu-isu yang menyebabkan kericuhan. Begitu juga para peserta dapat saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain guna meneguhkan komitmen bersama selaku umat yang mencintai kedamaian.

Diluar itu, memang perlu diakui bahwa GNPF-MUI mesti mengawal proses hukum yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama sebagai pertanggungjawabannya atas dugaan penistaan agama.

Jangan sampai proses berjalan lambat yang justru menimbulkan berbagai persepsi negatif dari masyarakat luas. Terlepas dari berkas Ahok yang siap untuk diserahkan ke pengadilan. Diharapkan masyarakat akan tetap kondusif ketika mengikuti aksi super damai besok.

Setidaknya kita harus tetap bersikap santun dalam menghadapi permasalahan ini. Masyarakat pun agar tidak mudah terpancing oleh kabar-kabar yang belum jelas kebenarannya sehingga aksi super damai akan tetap berjalan damai. Semoga!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline