Lihat ke Halaman Asli

Dian SetiaNingsih

Mahasiswa Unpam

Bahasa Indonesia di Mancanegara

Diperbarui: 28 Juni 2021   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Gak mau berbahasa Indonesia dengan benar? Masih males untuk mempelajari bahasa kita sendiri? Yuk bangga berbahasa bahasa Indonesia!

Bahasa Indonesia pada umum merupakan bahasa sehari-hari kita sebagai warga Indonesia, mempelajari bahasa Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pelajar Indonesia saja, namun pelajar luar negeri juga mempelajari bahasa yang satu ini. Mempelajari bahasa asing maupun bahasa sendiri sangat berguna untuk diri kita nantinya.

Menurut IDN TIMES ada 8 negara yang merasa mempelajari bahasa Indonesia itu penting (Bayu D Wicaksono 2017)

Dari 8 negara ini salah satunya adalah negara Jepang, negara ini merasa mempelajari bahasa Indonesia itu penting sehingga banyak Universitas yang membuka Program Studi Bahasa Indonesia salah satunya TUFS atau Tokyo University of Foreign Studies dengan seleksi yang cukup ketat banyak mahasiswa yang mengikuti Program ini baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Bukan hanya negara Jepang saja, ternyata masih banyak negara lain yang menganggap mempelajari bahasa Indonesia itu penting, contohnya negara Kanada, Korea, Australia, dan negara maju maupun berkembang lainnya juga menganggap hal yang sama.

Bukan hanya di pelajari di luar negeri saja bahasa Indonesia juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang luar. Contohnya banyak YouTuber luar negeri yang menggunakan bahasa Indonesia untuk video YouTube miliknya, salah satunya Chanel YouTube Korea Reomit YouTube yang dibuat oleh Jang Hansol

Pria kewarganegaraan Korea Selatan ini menggunakan Bahasa Indonesia untuk Vlog YouTube nya, menurut salah satu video di akun YouTube nya ia pernah kuliah di Indonesia dengan alasan untuk mempelajari dan melancarkan kemampuannya berbahasa Indonesia atau bisa dikatakan sebagai bentuk investasi kepada Indonesia.

Kimbab Family juga salah satu keluarga di Korea Selatan yang menggunakan dua Bahasa sekaligus dalam kegiatan sehari-hari di rumah, keluarga ini menggunakan Bahasa Indonesia-Korea agar ke-tiga anaknya juga dapat memahami Bahasa Indonesia dengan baik di mana Mamah Gina Ibu dari keluarga tersebut merupakan orang Indonesia yang tinggal di Korea bersama dengan keluarganya.

YouTuber luar negeri lainnya yang terkadang menggunakan Bahasa Indonesia untuk video YouTube yaitu Sunny Dahye bukan hanya menggunakan Bahasa Indonesia saja, ia juga sangat mencintai produk Indonesia khususnya batik. Menurut salah satu video di akun YouTube miliknya ia sangat menyukai brand lokal Indonesia khusus nya brand milik keluarga Dita Karang (Secret Number) yaitu Kunci Kreatif (Tegel Kunci).

Hal ini bisa membuat Bahasa Indonesia lebih dikenal oleh mancanegara bukan? gimana? masih gak mau belajar Bahasa Indonesia dengan baik? Kita sebagai warga Indonesia juga jangan mau kalah untuk mempelajari Bahasa Indonesia yang merupakan Bahasa kita sendiri ya, dengan mempelajari bahasa dalam negeri maupun luar negeri sangat berguna bagi kita nanti nya kita dapat mendapat wawasan yang luas dengan bahasa yang dipelajari, bisa saja menjadi YouTuber seperti Fiki Naki dengan kemampuan berbahasa asing?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline