Lihat ke Halaman Asli

PMM Bhaktiku Negeri 67 Lakukan Edukasi Menanam Kecambah bersama Siswa TK ABA 24

Diperbarui: 8 Agustus 2023   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Kacang hijau dikenal sebagai makanan yang kaya dengan kandungan protein tinggi dan sumber mineral penting untuk menjaga kesehatan kita. Contoh manfaat dari kacang hijau adalah menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan kita, membantu tumbuh kembang anak, memperkuat tulang serta mencegah penuaan dini. Tak heran jika menanam kacang hijau banyak dipilih untuk bahan percobaan bagi siswa di sekolah. Menanam kacang hijau dengan kapas nantinya akan membuahkan kecambah.

Dokumentasi pribadi

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Dalam rangka mengenalkan tanaman kepada peserta didik, PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 67 mengajarkan penanaman kecambah dari biji kacang hijau dengan teknik yang sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (7/8/23) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 24. Kelompok 67 dengan koordinator Milanda Oktaviana Hadiningrum dengan beranggotakan Diana Fajar Agustin, Robiatus Syakila, Wahyu Dwi Setio Ningsih, dan Luthfia Restufitri A. Dibawah bimbingan dari Agustin Dwi Haryanti, SE.,MM.AK selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dokumentasi pribadi

Penanaman kecambah dari biji kacang hijau ini menggunakan kapas sebagai medianya. Alat dan bahan yang digunakan meliputi air, cup, kapas, botol air mineral dan biji kacang hijau. Langkah-langkah menanam biji kacang hijau untuk membuat kecambah :1. Letakkan kapas dalam wadah (cup) dan basahi dengan air.2. Letakkan beberapa butir biji kacang hijau diatas kapas basah.3. Simpan ditempat yang terkena matahari pagi.4. Lakukan pengamatan setiap pagi untuk melihat perkembangannya.

Dokumentasi pribadi

Kegiatan menumbuhkan kecambah diatas kapas ini bertujuan untuk mengetahui proses pertumbuhan tanaman sebagai implementasi percobaan yang dilakukan oleh siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 24. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline