Lihat ke Halaman Asli

Diah Noval Lestari

Mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro

Arsip Digital Surat Masuk sebagai Penerapan E-Government di Kelurahan Jabungan

Diperbarui: 7 Agustus 2022   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

E Government adalah sebuah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

Dokpri

Salah satu contoh dari E Government adalah Arsip Digital pada semua administrasi pemerintahan, hal ini bertujuan agar semua arsip administrasi pada pemerintahan dapat dikelola dengan baik menggunakan teknologi informasi yang lebih efektif dan efisien. Namun ternyata, dalam penerapannya, tidak semua instansi pemerintah mengetahui dan mengimplementasikan arsip digital yang sudah difasilitasi, salah satunya adalah Kelurahan Jabungan.Mengetahui hal tersebut, Kelompok 55 TIM II KKN Undip 2021/2022 memiliki program pengadaan arsip digital pada surat masuk di Kelurahan Jabungan. 

Diharapkan hal tersebut menjadi awal bagi Kelurahan Jabungan untuk dapat terus melakukan pengarsipan digital pada administrasi lain, sehingga segala layanan dan pengadministrasian di Kelurahan Jabungan dapat lebih mudah dikelola tanpa harus menggunakan metode lama yang cenderung membutuhkan banyak waktu dan tenaga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline