Mohon tunggu...
Diah Noval Lestari
Diah Noval Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro

Seorang mahasiswa yang memiliki minat dalam analisis kebijakan publik, pengembangan sumber daya manusia, dan pemberdayaan perempuan. Suka belajar dan berpartisipasi dalam banyak hal yang berhubungan dengan itu seperti beberapa organisasi, pelatihan, magang, dll.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Arsip Digital Surat Masuk sebagai Penerapan E-Government di Kelurahan Jabungan

7 Agustus 2022   20:41 Diperbarui: 7 Agustus 2022   21:15 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

E Government adalah sebuah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

Dokpri
Dokpri

Salah satu contoh dari E Government adalah Arsip Digital pada semua administrasi pemerintahan, hal ini bertujuan agar semua arsip administrasi pada pemerintahan dapat dikelola dengan baik menggunakan teknologi informasi yang lebih efektif dan efisien. Namun ternyata, dalam penerapannya, tidak semua instansi pemerintah mengetahui dan mengimplementasikan arsip digital yang sudah difasilitasi, salah satunya adalah Kelurahan Jabungan.Mengetahui hal tersebut, Kelompok 55 TIM II KKN Undip 2021/2022 memiliki program pengadaan arsip digital pada surat masuk di Kelurahan Jabungan. 

Diharapkan hal tersebut menjadi awal bagi Kelurahan Jabungan untuk dapat terus melakukan pengarsipan digital pada administrasi lain, sehingga segala layanan dan pengadministrasian di Kelurahan Jabungan dapat lebih mudah dikelola tanpa harus menggunakan metode lama yang cenderung membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan