Lihat ke Halaman Asli

Wisata Pantai Balongan, Tempat Quality Time bersama Keluarga dan Sahabat yang Wajib Dikunjungi

Diperbarui: 23 Desember 2021   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai Balongan (Sumber Gambar: Dheva Ufiz Aliyah)

Pantai Balongan merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Balongmulyo, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang. Pantai yang berjarak sekitar 39 KM dari pusat Kota Rembang ini, sangat mudah untuk diakses karena telaknya yang berada di jalur pantura. Akses untuk menuju ke wisata Pantai Balongan juga sangat mudah, bisa diakses dengan menggunakan sepeda motor, mobil, bus ataupun kendaraan lainnya. Wisata Pantai Balongan sendiri mulai beroperasi pada tahun 2019 dibuka dengan kegiatan Festival Balongan.

Pantai Balongan dulunya hanyalah pantai biasa seperti pantai yang ada di daerah Kecamatan Kragan lainnya. Namun sejak diadakannya kegiatan penanaman 1000 pohon oleh Angkatan Darat dan masyarakat desa setempat, dan kontibusi dari pemerintah desa untuk memanfaatkan keindahan pantai dan pohon cemara yang ada, menjadikan pantai ini sebagai objek wisata yang memiliki daya tarik yang khas.

Daya tarik dari Wisata Pantai Balongan ini adalah keindahan pantai dengan pasir putih, yang sangat aman untuk anak-anak bermain pasir di pantai sekaligus bermain air di laut yang sangat disukai oleh anak-anak. Selain pasir putihnya, hamparan pohon cemara juga menambah keindahan Pantai Balongan. Disepanjang pantai juga di bangun gazebo-gazebo dan warung yang menyediakan kuliner khas setempat yaitu Rujak Petis dan Rujak Gula. Kurang lebih terdapat 73 warung yang menyediakan rujak, gorengan, makanan ringan, maupun minuman dengan gaya sajian yang berbeda-beda disetiap warungnya. Pantai Balongan sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga dan teman.

Rujak Petis Khas Kecamatan Kragan (Sumber Gambar: Dheva Ufiz Aliyah)

Fasilitas untuk mendukung aktivitas pengunjung di Pantai Balongan diantaranya yaitu 3 kamar mandi, 1 aula, 1 mushola, 2 kantor pengelola, dan 1 panggung.  Jam buka Pantai Balongan :

  • Senin -- Kamis : 07.30 -- 16.00 WIB
  • Jum'at : 07.30 -- 16.30 WIB
  • Sabtu -- Minggu : 07.00 -- 16.30 WIB

Harga tiket masuk untuk meikmati keindahan Pantai Balongan sangat murah, pengunjung dapet membayar tiket saat masuk ke kawasan Pantai Balongan.

  • Harga Tiket untuk pengendara sepeda motor (Hari Biasa) Rp 3.000,-/kendaraan
  • Harga Tiket untuk pengendara sepeda motor (Weekend) Rp 5.000,-/kendaraan
  • Harga Tiket untuk roda empat (Hari Biasa) Rp 5.000,-/kendaraan

    Keindahan Pantai dan Pohon Cemara (Sumber Gambar: Dheva Ufiz Aliyah)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline