Lihat ke Halaman Asli

Best Practise

Diperbarui: 19 Agustus 2023   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning

Best Practice 

Oleh : Deisty Elvinta,S.Pd

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 05 Delta Pawan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning.

Slameto (2015, hlm. 180) dalam bukunya menyebutkan pengertian minat belajar ialah, "salah satu bentuk keaktifan seseorang yang mendorong untuk melakukan serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dalam lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik".

Hansen (dalam Susanto, 2013, hlm.57) menyatakan bahwa, "minat belajar siswa erat hubugannya dengan kepribadian, motivasi, ekspresi dan konsep diri atau identifikasi, factor keturunan dan pengaruh eksternal atau lingkungn".

Berdasarkan pengertian para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah dorongan dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang dapat membuatnya tertarik dan senang.

Pembelajaran aktif adalah metode atau strategi belajar yang melibatkan siswa secara langsung dalam berinteraksi, menyelidiki, menyelesaikan masalah dan menyimpulkan pemahaman diri. Melalui pembelajaran aktif, guru akan mengondisikan siswa untuk selalu mengalami pengalaman belajar yang lebih bermakna dan senantiasa berpikir tentang apa yang dilakukan selama proses pembelajaran. Ketika siswa belajar dengan aktif, berarti siswa mendominasi aktivitas pembelajaran. Siswa secara aktif menggunakan otak mereka baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang siswa pelajari ke dalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Pembelajaran aktif merupakan usaha untuk memperkuat dan memperlancar respons peserta didik dalam pembelajaran. Melalui pembelajaran aktif proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan dan tidak menjadi hal yang membosankan.

Namun, pada kenyataannya hal tersebut masih sulit untuk dilaksanakan oleh guru. Proses pembelajaran yang dilakukan guru dinilai kurang efektif dalam mengembangkan minat, bakat, dan potensi yang ada di dalam diri peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berinovasi menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam kegiatan pembelajaran.

Problem Based Learning (PBL) merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menghadapkan siswa pada permasalahan nyata pada kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan berbagai macam solusinya, mendorong siswa untuk berpikir kreatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline