Lihat ke Halaman Asli

Deddy Husein Suryanto

TERVERIFIKASI

Content Writer

Menerka Nasib Klub Liga Champions di Babak 16 Besar

Diperbarui: 11 Desember 2020   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Benzema berkontribusi besar untuk meloloskan Real Madrid ke fase 16 besar Liga Champions 2020/21. Gambar: Twitter/ChampionsLeague

Liga Champions 2020/21 sudah menuntaskan babak fase grup. Kini mereka akan melaju ke babak penyisihan yang mempertemukan 16 klub ke dalam 16 laga, alias masing-masing klub memainkan laga kandang dan tandang (8 laga x 2).

Pengundian laga 16 besar akan dilakukan pada Senin, 14 Desember 2020 di Swiss. Namun, sebelum mengetahui hasil undiannya, saya juga ingin mengajak pembaca menerka-nerka laga apa yang akan menarik dan mencari tahu klub mana yang akan apes dan sulit untuk melaju lebih jauh.

Setelah mengetahui klub mana saja yang lolos ke fase 16 besar, saya memperkirakan ada duel-duel besar yang bisa merugikan salah satu klub besar. Perlu diketahui juga, bahwa pengundian di babak 16 besar akan mempertemukan klub juara grup dengan posisi kedua dan kedua klub berbeda asal negaranya.

Misalnya, Real Madrid yang menjadi juara grup, tidak akan bertemu dengan Barcelona, Sevilla, dan Atletico Madrid, meski tiga klub itu adalah penghuni posisi kedua di grup masing-masing. Sudah mengerti, kan?

Klub Liga Champions yang di babak 16 besar. Gambar: Twitter/ChampionsLeague

Berhubung ada 16 klub yang berada di fase ini, maka pembahasannya akan saya fokuskan pada klub yang berstatus sebagai juara grup saja. Seperti yang saya mulai dari klub pertama, yaitu FC Bayern Munchen. Klub asal Bundesliga Jerman itu adalah juara grup A dan akan dapat bertemu dengan FC Porto, Atalanta, Sevilla, Lazio, atau FC Barcelona.

Dari lima klub calon lawan Bayern Munchen itu, potensi laga besar dapat terjadi jika seandainya langsung bertemu dengan Barcelona. Itu artinya akan ada "laga ulang" antara kedua klub itu seperti di musim sebelumnya.

Bayern Munchen dan Barcelona di musim 2019/20 bertemu di babak 8 besar. Pada babak itu pula muncul tragedi bagi Barcelona, karena Lionel Messi dkk digebuk dengan skor mencolok 2-8.

Apakah hal itu akan terulang? Atau, malah Barcelona dapat melakukan pembalasan?

Kemudian, juara grup kedua ada Real Madrid. Klub asal La Liga Spanyol ini bisa dikatakan sangat mujur, karena hanya memiliki empat calon lawan, yaitu FC Porto, Atalanta, Lazio, atau RB Leipzig.

Walaupun, di atas kertas banyak orang akan lebih menjagokan Real Madrid untuk lolos ke fase selanjutnya. Tetapi, di atas lapangan prediksi itu akan sulit diwujudkan.

Dugaan lawan paling sulit adalah Atalanta dan RB Leipzig. Atalanta yang merupakan klub asal Italia, ternyata tidak hanya mengandalkan laga kandang untuk meraih kemenangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline