Lihat ke Halaman Asli

Dean Ruwayari

TERVERIFIKASI

Geopolitics Enthusiast

Kenapa Kamu Baca Artikel Ini? Why? What Make Us Curious

Diperbarui: 2 Desember 2020   06:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Thinkstockphotos via KOMPAS)

Jika hidup hanya tentang bertahan hidup, matematika murni tidak akan membawa kita sejauh ini. Kita tidak bisa membunuh harimau dengan teori grup, atau mengumpulkan makanan dengan pola bilangan prima. Hal serupa berlaku untuk seni, atau keinginan untuk memahami hukum alam semesta. Bidang-bidang ini tidak punya manfaat langsung, namun seperti yang kita lihat, manusia punya keingintahuan yang tak terpadamkan untuk menjelajahinya. Mengapa?

Itulah pokok bahasan buku terbaru Mario Livio, Why? What makes us curious. Livio adalah seorang astrofisikawan dan penulis buku, Ia mempelajari psikologi, ilmu saraf, dan sejarah. "Saya kebetulan orang yang sangat ingin tahu," tulisnya. "Dan suatu saat saya menjadi penasaran dengan rasa ingin tahu. Apa yang membuat kita penasaran?"  

Untuk menjawab pertanyaan ini, Livio berbicara dengan orang-orang yang ingin tahu dari berbagai latar belakang, mulai dari Astronomer Royal Martin Rees hingga gitaris Queen Brian May. Hasilnya adalah wawasan yang menarik tentang sebuah fenomena yang fundamental bagi umat manusia tetapi secara mengejutkan kurang diteliti.

Livio memulai bukunya dengan melihat keingintahuan yang paling ekstrim. Politisi dan seniman Renaisans Leonardo da Vinci dan fisikawan legendaris Richard Feynman penerima Hadiah Nobel Fisika 1965, sama-sama tertarik pada hampir semua hal. "Saya tidak tahu apa-apa, tapi saya tahu bahwa semuanya menarik jika anda membahasnya cukup dalam," kata Feynman. 

Keduanya memiliki keinginan yang luar biasa untuk memahami cara kerja dunia dan menggunakan semua alat yang mereka miliki - seni, sains, dan matematika - untuk mencari tahu. Meskipun dipisahkan sejauh lima abad, Leonardo dan Feynman punya beberapa minat yang sama. Keduanya menyelidiki fisika cahaya lilin, misalnya, dan banyak berpikir tentang gelombang. Penemuan Livio paling bikin greget berasal dari halaman buku catatan mereka. "Sungguh luar biasa bahwa beberapa halaman ini terlihat hampir sama," tulisnya, "keduanya penuh dengan gambar dan segala macam matematika."

Bahwa matematika harus muncul secara alami setiap kali seseorang mulai berpikir mendalam tentang dunia adalah misteri tersendiri. Tapi sejauh menyangkut rasa ingin tahu, yang menarik bukan hanya kesejajaran antara Leonardo dan Feynman, tetapi juga perbedaan penting: Leonardo pandai seni dan buruk dalam matematika, sebaliknya Feynman pandai matematika dan buruk dalam seni. "Jelas bagian otak kita yang bertanggung jawab atas rasa ingin tahu tidak secara langsung terkait dengan bakat hebat dalam matematika, yang tidak dimiliki Leonardo, atau bakat besar dalam seni, yang tidak dimiliki Feynman," tulis Livio.

Jadi dengan apa mereka terhubung? Pertanyaan itu mengarah pada salah satu kejutan dalam buku ini. Jelas semua rasa ingin tahu itu tidak sama. Penasaran tentang hukum Semesta berbeda dengan penasaran tentang percakapan telepon orang lain, atau tentang apa yang terjadi di Instagram dalam dua menit ketika kita tidak melihatnya tadi. Psikolog Daniel Berlyne mengklasifikasikan keingintahuan sebagai berikut: Pertama ada keingintahuan perseptual, yang kita rasakan saat melihat sesuatu yang baru, ambigu, atau membingungkan, seperti jerapah berjalan di jalan raya. Berlawanan dengan keingintahuan perseptual adalah keingintahuan epistemik, atau "nafsu pikiran" sebagaimana Thomas Hobbes menyebutnya, yaitu tentang mendapatkan pengetahuan yang mendorong kita untuk melakukan hal-hal seperti matematika. 

Lalu ada sepasang jenis keingintahuan lainnya: keingintahuan spesifik, yaitu tentang menemukan informasi tertentu, menjawab solusi untuk persamaan tertentu, dan kebalikannya, keingintahuan yang beragam, merupakan keinginan gelisah akan hal baru untuk menghilangkan kebosanan. Keingintahuan seperti itulah yang kita puaskan ketika terus-menerus memeriksa media sosial.

Kejutan yang disebutkan di atas muncul lagi di bab tentang ilmu saraf. Beberapa ahli saraf telah menyelidiki keingintahuan, tetapi beberapa yang menemukan bahwa keingintahuan epistemik (nafsu akan pengetahuan) dikaitkan dengan berbagai area otak dari keingintahuan perseptif (yang kita rasakan ketika kita melihat sesuatu yang aneh atau baru). 

"Baik pikiran dan otak kita menganggap keingintahuan perseptif sebagai keadaan yang tidak menyenangkan," jelas Livio. "Kita merasakan ketidaknyamanan ketika kita merasa ada sesuatu yang ambigu dan tidak sesuai dengan apa yang kita ketahui. Ini seperti gatal yang perlu digaruk. Dan memang, (daerah) yang diaktifkan di otak adalah (daerah) yang biasanya terkait dengan konflik atau rasa lapar. "

Keingintahuan epistemik, di sisi lain, adalah hal yang menyenangkan untuk dirasakan. Kita menikmati momen saat memuaskan dahaga akan pengetahuan, baik itu dalam matematika atau dalam mengklasifikasikan kupu-kupu. "Di otak itu dikaitkan dengan (daerah) yang bekerja dengan antisipasi hadiah," kata Livio. "Pengetahuan adalah pahala atas pencarian kita untuk itu. Seandainya kita mengetahuinya sejak awal, kita bahkan mungkin telah memberikan nama yang berbeda untuk kedua jenis keingintahuan itu."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline