Lihat ke Halaman Asli

Dasman Djamaluddin

TERVERIFIKASI

Saya Penulis Biografi, Sejarawan dan Wartawan

Kebakaran Hutan Amazon dan Pemindahan Ibu Kota

Diperbarui: 22 Agustus 2019   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.trackalytics.com

Foto di atas sebetulnya tidak ada kaitan. Foto di atas adalah Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih kembali menjadi Presiden RI untuk periode ke-2. Kemudian foto kedua, hutan hujan Amazon di Brasil mengalami peningkatan jumlah kebakaran tahun ini. Itu menurut data terbaru dari Institut Nasional untuk Riset Ruang (Inpe). 

Inpe menyatakan data satelit menunjukkan peningkatan kebakaran 84% pada tahun ini dibandingkan periode yang sama pada 2018.

Laporan ini muncul beberapa pekan setelah Presiden Brasil Jair Bolsonaro memecat kepala lembaga yang menangani data penggundulan hutan karena perbedaan data. Asap dari kebakaran hutan itu pun mengakibatkan kota Sao Paulo tertutup kabut asap berwarna hitam pada Senin , 19 Agustus 2019.

www.hindustantimes.com

Melihat gagasan Jokowi yang teguh ingin memindahkan ibukota yang rencananya ke Pulau Kalimantan, kita sudah tentu mendukungnya. Hanya Pulau Kalimantan tersebut masih banyak hutan. Itu sebabnya foto di atas tentang kebakaran hutan hanya untuk mengingatkan agar di mana pun di berbagai provinsi Indonesia, jangan sampai terjadi.

www.hipwee.com

Presiden Jokowi sepertinya ingin mengikuti jejak Bung Karno yang kaya dengan gagasan. Sama-sama bergelar insinyur. Ketika berkunjung ke Afghanistan, maka Presiden Jokowi adalah Presiden kedua RI yang berkunjung ke wilayah itu setelah Presiden Soekarno.

Baru-baru ini kita juga menyaksikan kelompok Taliban di Afghanistan berkunjung ke Indonesia bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sebelumnya sudah dua kali ke negara sedang bersengketa tersebut.

Minimal kita sudah menorehkan gagasan Indonesia untuk perdamaian di Afghanistan yang hingga kini sulit ditebak, apakah Amerika Serikat yang pernah mengalahkan kelompok Taliban mau ikut menciptakan perdamaian di kawasan tersebut.

www.trtworld.com

Memang Indonesia sudah menjadi perhatian dunia sejak Bung Karno memprakarsai Konferensi Asia-Afrika di Bandung dan ikut mendirikan Gerakan Non Blok. Sebuah gagasan besar anak bangsa untuk dunia.

Sejauh ini kita hanya terbelenggu kepada gagasan untuk melanjutkan gagasan presiden terdahulu, kecuali di masa pemerintahan Presiden Soeharto. Beliaulah yang kemudian meneruskan pembangunan Masjid Istiqlal. Juga beberapa proyek lainnya di Indonesia.

Di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga muncul gagasan besar yang sempat kita catat di akhir masa jabatannya, yaitu Proyek Hambalang dan Museum Pemerintahan Darurat RI (PDRI) di Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah menelan biaya miliaran rupiah hanya terbuang sia-sia.

Saya sendiri sudah datang melihat proyek pembangunan Museum PDRI yang ditugaskan Legiun Veteran RI. Apa yang saya saksikan pada 21 Oktober 2016 itu, bangunan itu sudah beberapa persen jadi. Hanya jalannya yang menaiki bukit waktu itu belum diperlebar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline