Lihat ke Halaman Asli

Danny Febrian

Corporate Communication Specialist

Peran Penting "Whoosh" dalam Meningkatkan Brand Awareness KCJB

Diperbarui: 22 September 2023   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: kompas

Dalam dunia bisnis dan pemasaran, sebuah nama bisa menjadi aset berharga yang mengubah nasib sebuah merek, tidak terkecuali bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang baru-baru ini melakukan rebranding nama menjadi menjadi "Whoosh," pada Kamis, 21 September 2023. Menurut Ketua tim panel penilai lomba Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia, Triawan Munaf, nama Whoosh memiliki kepanjangan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. "Nama Whoosh memiliki kepanjangan, Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Jadi sangat sesuai sekali," ungkap Triawan.

Beliau juga menjelaskan bahwa nama Whoosh bermakna "cepat", yang sesuai dengan kecepatan kereta api cepat. Dengan nama baru ini, pemerintah berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Dalam Strategu Marketingm, nama Whoosh sendiri memiliki peran penting yang dapat meningkatkan brand awareness KCJB, antara lain:

1. Unik dan mudah diingat

Nama Whoosh memiliki bunyi yang unik dan mudah diingat. Bunyi "whoosh" terdengar seperti suara angin yang bertiup kencang, yang menggambarkan kecepatan kereta api cepat. Nama ini juga mudah diucapkan dalam berbagai bahasa, sehingga dapat diterima oleh masyarakat luas.

2. Mencerminkan nilai dan manfaat produk

Nama Whoosh memiliki makna yang positif dan sesuai dengan nilai dan manfaat produk. Nama ini bermakna "cepat", yang sesuai dengan kecepatan kereta api cepat. Nama ini juga memiliki kepanjangan yang bermakna "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal", yang menggambarkan keunggulan produk dari segi kecepatan, efisiensi, dan keamanan.

3. Mudah dikomunikasikan

Nama Whoosh mudah disampaikan melalui berbagai media komunikasi,  sehingga mudah ditulis, diucapkan, diingat dan mudah dipromosikan melalui iklan, media sosial, dan kanal media informasi lainnya.

Dengan perubahan ini, pemerintah berharap dapat menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung. "Whoosh" bukan hanya sebuah identitas, melainkan juga sebuah alat efektif dalam upaya meningkatkan kesadaran akan merek ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline