Lihat ke Halaman Asli

Daniel Mashudi

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Cara Sederhana Membuat Video Menggunakan Smartphone

Diperbarui: 16 September 2018   05:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Kompas.com

Satu atau dua dekade silam ketika anak-anak diberikan pertanyaan "Kalo sudah besar mau jadi apa?", maka jawaban yang diberikan adalah menjadi dokter, insinyur, arsitek, atau pengusaha. Namun jika pertanyaan serupa ditanyakan saat ini, profesi vlogger atau youtuber bisa menjadi salah satu dari jawaban atas pertanyaan tersebut.

Perkembangan internet dan media sosial memang telah mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat. Jika konten media sosial atau daring pada awalnya sebatas teks, kemudian berkembang dengan disertai konten gambar atau foto. Dan kini, konten video ikut menambah semaraknya media sosial.

Perkembangan teknologi memungkinkan semua orang bisa membuat video. Jika dahulu perlu kamera profesional untuk membuatnya, saat ini kita sudah bisa membuat video dengan menggunakan smartphone yang kemudian bisa kita unggah ke media sosial.

Cara paling mudah tentunya dengan membuat video yang terdiri dari satu scene atau satu adegan. Kita tinggal merekam sebuah objek atau peristiwa yang ada di sekitar kita dengan smartphone, kemudian mengunggah hasil videonya.

Namun bagaimana jika kita ingin menggabungkan beberapa scene menjadi satu video? Kita perlu aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut. Caranya tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone saja.

Banyak aplikasi gratis yang bisa kita pakai untuk membuat video. Salah satunya adalah aplikasi Power Director yang bisa kita unduh di Play Store (saya menggunakan android).

dokpri

Setelah aplikasi tersebut diunduh, kita perlu melakukan shooting atau merekam beberapa adegan sebagai materi video yang akan kita buat. Kita bisa merekam benda di sekitar kita, atau kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan. Sebagai contoh, saya merekam sendiri kegiatan jogging yang biasa saya lakukan.

Beberapa tambahan alat bisa membuat hasil gambarnya lebih bagus, namun sifatnya opsional. Misalnya tripod untuk menyangga smartphone, tongsis untuk sudut pengambilan dari arah atas, atau gimbal untuk meminimalkan goncangan saat mengambil gambar dalam posisi bergerak. Jika tidak mempunyai alat-alat tambahan tersebut, cukup merekam dengan smartphone saja. 

Selanjutnya ambil beberapa rekaman video. Satu rekaman video tidak perlu waktu lama, cukup 6-10 detik saja setiap pengambilannya. Selain beberapa video, kita boleh juga membuat beberapa foto tambahan.

Selain video dan foto, kadang kita juga ingin menambahkan beberapa kalimat sebagai narasi. Untuk mempercantik kalimat misalnya dengan animasi atau gerakan, ada satu aplikasi yang bisa kita unduh di Play Store yaitu aplikasi Legend.

dokpri

Cara membuat animasi tulisan dengan aplikasi Legend cukup mudah. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline