Lihat ke Halaman Asli

Kabar24

belajar untuk menambah literasi

Lagi, Pemprov Sultra Pinjam Dana Rp388,8 Miliar

Diperbarui: 31 Oktober 2020   01:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Design RS Khusus Jantung dan Pembuluh darah Kendari

Kendari- Mendukung Rencana pembangunan infrastruktur dan percepatan pelayanan kesehatan masyarakat, pemerintah Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengajukan pinjaman dana ke PT Sarana Multi Infrastruktu (SMI) senilai RP388, 8 miliar.

Pengajuan pinjaman dana tersebut pun sudah ditandangani bersama pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara, dan PT Sarana Multi Infrastruktu di jakarta pada 23 Oktober lalu.

"Benar, antara Pemprov Sultra dan PT SMI telah menandatangani perjanjian pinjaman daerah yang akan digunakan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur layanan kesehatan masyarakat Sultra,"ujar Ridwan Baadallah, Kadiskominfo Sultra.

Pinjaman senilai 388,8 Miliar tersebut merupakan yang  keenam kalinya antara Pemprov Sultra dan PT SMI, dan rencananya pinjaman tersebut akan digunakan untuk lanjutan pembangunan Rumah Sakit Khusus Jantung dan Pembuluh Darah, serta pendanaan pengadaan alat kesehatan Rumah Sakit.

Sebelumnya pada bulan Juli 2020, Pemprov Sulawesi Tenggara juga telah meminjam dana sebesar Rp 799,2 miliar untuk membiayai pembangunan infrastruktur Ruas Jalan Kendari -- Toronipa di Provinsi Sulawesi Tenggara.

PT SMI merupakan perusahaan special mission vehicle atau badan usaha misi khusus, di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur.

"Perusahaan ini terbentuk 2009, dan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang seluruh modal sahamnya dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Kemenkeu," ungkap dirut PT SMI, Edwin Syahruzad.

Pinjaman Pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara menggunakan Grace periode atau masa tenggang 20 bulan, yang memungkinkan peminjam untuk membayar sebagian pokok hutang dengan bunga pinjaman, tenor lima tahun terhitung dari penarikan pertama sampai tahun 2025.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline