Lihat ke Halaman Asli

Kris Fallo

Penulis Buku Jalan Pulang, Penerbit Gerbang Media, 2020

Kamu adalah Saksi dari Semuanya Ini (Renungan Minggu, 18 April 2021)

Diperbarui: 18 April 2021   05:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto.dok.pribadi/Momen setelah Misa Sabtu Aleluya di Bakal Paroki Kuneru, bersama pelayan altar

Fakta kebangkitan Kristus, meninggalkan cerita, problem, dan keraguan tersendiri bagi para murid dan juga para pengikut Kristus. Ada beragam reaksi seputar fakta dan berita kebangkitan Kristus. ada yang percaya, ada yang ragu-ragu, ada yang percaya tetapi takut untuk bersaksi. 

Ada yang menuntut bukti. Ada yang sudah diyakinkan dengan bukti-bukti, tapi toh masih ragu. Ini persoalan manusiawi. 

Injil mengisahkan bahwa:

1.Tidak semua orang percaya bahwa Yesus bangkit. Bahkan diantara para murid sendiri juga timbul keraguan (dalam bacaan injil minggu lalu kita mendengar keraguan Thomas misalnya. Thomas mengatakan sebelum aku mencucukan jariku pada bekas paku dan lambungnya sekali-kali aku tidak akan percaya)

2.Setelah bangkit, Yesus Kristus tidak secara umum dan menyeluruh menampakan diri kepada semua pengikut-Nya. (Karena itu, ketika menampakan diri kepada Thomas dan para murid yang lain Yesus mengatakan; "Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya"

Injil hari ini membuktikan kepada kita, masih ada juga perdebatan, keraguan, bahkan juga ketidak percayaan dikalangan murid tentang kebangkitan Kristus.

Buktinya adalah:

*Ketika Yesus menampakan diri kepada dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus. Mereka terkejut dan takut, karena menyangkah bahwa mereka melihat hantu. Tetapi Yesus mengatakan; "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keraguan dalam dirimu?"

*Saat itu, kedua murid masih belum mengerti, tetapi Yesus berusaha meyakinkan mereka dengan meminta makanan; Adakah padamu makanan di sini?

*Setelah Yesus meyakinkan mereka dengan bukti fisik, Yesus akhirnya berusaha membuka pikiran mereka tentang kitab Suci. "Ada tertulis, mesias harus menderita, dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga"

*Pada akhirnya Yesus mengatakan; "Dalam nama-Nya Berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaiakan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem" dan kamu adalah saksi semuanya ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline