Lihat ke Halaman Asli

Childa Fauzia

Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Tingkatkan Skill Pendidik Melalui Karpet ajaib

Diperbarui: 15 Maret 2021   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pri

Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Karena hal itu lah, yang melatarbelakangi Mahasiwa KKN UNISNU Jepara kelompok 4 untuk menggelar workshop berbasis ICT di MI Al Islam Krasak Bangsri pada Sabtu (27/2/2021). Workshop diisi oleh dua fasilitator yang merupakan dosen UNISNU sekaligus DPL yakni Harminto Mulyo, dan Khalimatus Sa'diah. 

Dalam sambutannya, ketua yayasan MI Al Islam Krasak Bangsri  Ahmad Sholeh merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. Selanjutnya ia berharap, para guru bisa mengaplikasikannya dalam pembelajaran bersama anak didiknya. Pada sesi materi, lebih ditekankan pada SNP (Standar Nasional Pendidikan), serta urgensi media, tujuan serta fungsi dalam pembelajaran bagi siswa. Untuk itu dikenalkanlah salah satu aplikasi yang bernama "Karpet ajaib" Karpet ajaib adalah salah satu  aplikasi desain grafis dengan menggunakan laptop masing-masing. 

Selanjutnya untuk mendukung  pengoperasian media pembelajaran karpet ajaib ini, dibutuhkan media penunjang yaitu dadu yang terbuat dari kain flannel yang dijahit tangan dan ditempeli angka 1-6  pada sisi-sisinya untuk memudahkan saat melakukan permainan dalam proses pendukung pembelajaran nantinya. Para peserta mengikuti rangkaian kegiatan workshop dengan antusiasme yang sangat tinggi. 

Hal tersebut terlihat dari seluruh peserta yang mengikut tahap demi tahap dari pelatihan hingga selesai tanpa terkecuali. Hal ini memang didasari untuk menyikapi perkembangan dan kemajuan ICT, guru juga dituntut untuk dapat mengikuti dan menguasai teknologi yang semakin berkembang. Hal tersebut bertujuan agara dapat mengembangkan materi-materi pembelajaran berbasis ICT dan memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran. Karena profesionalisme guru tidak hanya melaksanakan pembelajaran, tetapi juga kemampuan mengelola informasi dan lingkungan yang meliputi tempat belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa sehingga menjadi lebih mudah dan menarik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline