Lihat ke Halaman Asli

Berkah Digital bagi UMKM

Diperbarui: 15 November 2022   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

UMKM-ers merupakan salah satu pendobrak  dan penggerak ekonomi Indonesia, kita patut berbangga diri, bahwa para UMKM kita sangat cepat dalam pemanfaatan teknologi bagi kemajuan pemasaran produk mereka. Perkembangan teknologi informasi tidak dianggap sebagai penghalang, tetapi sebagai sebuah tantangan yang penuh kemanfaatan, sehingga berdasarkan catatan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, diketahui bahwa 19 Juta UMKM sudah masuk ke dalam ekosistem digital. Hal ini mengindikasikan bahwa 19 juta masyarakat yang menggerakkan ekonomi melalui UMKM sudah mampu memanfaatkan media digital sebagai salah satu media promosi dan pemasaran.

Tidak mudah membuat sektor usaha bangkit dan berkembang dalam situasai dan kondisi saat ini, dimana banyak usaha gulung tikar pasca pandemi covid-19, ditambah dengan kenaikan harga BBM, membuat para UMKM goyang dengan banyaknya hentakan-hentakan yang terjadi dalam kondisi merek belum kokoh berdiri. Apakah mereka mampu bertahan? ternyata mereka bisa!! Banyak UMKM yang dapat bertahan dengan pemanfataan media digital. Apabila kita susuri kembali, pemanfaatan media digital semakin berkembang untuk berbagai transaksi bermula pada saat covid-19 melanda, tidak hanya Indonesia, bahkan seluruh dunia, mulai menerapkan sistem cashless, sehingga secara tidak langsung, membuat sebuah pembiasaan masyarakat untuk mampu beradaptasi dengan sistem digital.

Berbagai kelebihan dari pemanfaatan media digital dalam promosi dan pemasaran produk, seperti :

  • Lebih ekonomis, banyak biaya operasional yang dapat di pangkas pada saat pelaku UMKM sudah mampu memanfaatkan media digital seperti mengurangi biaya jasa promosi produk, mengurangi biaya sewa toko,dan masih banyak lainnya.
  • Lebih Fleksible, pelaku UMKM dapat mengirimkan barang pesanan sesuai dengan waktu permintaan dari si customer /pembeli
  • Lebih Tepat Sasaran, biasanya customer yang mencari produk adalah orang yang memang membutuhkan produk tersebut sehingga barang akan dikirimkan pada saat customer/pembeli setuju untuk membeli produk.
  • Mendunia bagi pelaku UMKM bukan hal mustahil lagi, karena media digital membuka kesempatan yang luas bagi siapapun yang mampu bersaing secara promosi dan kualitas di dunia internasional.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh media digital,  Support dan dukungan pemerintah tetap menjadi prioitas karena UMKM di wadahi oleh sebuah kementrian yang melindungi hak-hak pelaku UMKM.

So, bagi pelaku UMKM, pemanfaatan digital adalah PELUANG dari segala PELUANG,..peluang keterbukaan informasi produk, Peluang investor, Peluang Pembelian Produk, dan Peluang Kaya,,semua ada "Berkah digitalisasi bagi UMKM".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline