Lihat ke Halaman Asli

Hamdani

TERVERIFIKASI

Sang Musafir - Mencari Tempat untuk Selalu Belajar dan Mengabdi

Menjadi Konsultan Bisnis Usaha Sendiri, Memang Bisa?

Diperbarui: 13 Agustus 2021   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Adeolu Eletu/Unsplash)

Mengapa Anda perlu menjadi konsultan di bisnis sendiri?

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran konsultan dalam meningkatkan usaha UMKM saat ini kian dirasakan penting. Keberadaan seorang konsultan sebagai tenaga ahli akan sangat membantu business owner dalam memajukan usaha mereka.

Menurut sebuah situs konsultan bisnis adalah pihak yang menyediakan jasa konsultasi kepada suatu organisasi/lembaga/perusahaan, agar semakin berkembang dan lebih efisien.

Konsultan bisnis mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Ia membuat perencanaan bisnis ke depan agar bisa memenuhi target yang diinginkan perusahaan.

Konsultan bisnis biasanya merupakan orang luar yang bekerja secara profesional atas permintaan pemilik usaha untuk mengerjakan sebuah proyek atau pekerjaan. Atas jasa yang diberikan mereka dibayar sesuai kontrak.

Persepsi umum terhadap profesi konsultan sering dianggap sebagai jasa berbiaya mahal khususnya dari sudut pandang UMKM. Maka dari itu akan muncul kekuatiran merasa tidak mampu membayar seorang konsultan tersebut. Padahal mereka sangat membutuhkannya.

Lantas bagaimana seharusnya?

UMKM sejatinya tidak perlu takut misalnya belum mampu menyewa jasa konsultan saat ini. Justru bisa menjadikan diri sendiri bertindak sebagai konsultan bagi bisnis yang sedang dijalankan.

Pemikiran semacam itu sepertinya agak nyeleneh alias nggak masuk akal. Bagaimana mungkin itu bisa dilaksanakan. Sebetulnya bisa, meski ada yang bilang tidak mungkin seorang dokter bisa membedah perutnya sendiri.

Nah bagaimana caranya?

Sebelum itu mari kita pahami terlebih dahulu tentang konsep konsultan. Dalam banyak istilah konsultan disebut juga tenaga ahli, pakar, orang yang memberi nasehat atau penasehat, tenaga profesional, dan mungkin juga disebut pemikir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline