Lihat ke Halaman Asli

Hamdani

TERVERIFIKASI

Sang Musafir - Mencari Tempat untuk Selalu Belajar dan Mengabdi

Inilah 17 Dosa yang Tidak Diampuni Meskipun Sudah Berpuasa

Diperbarui: 28 Juni 2021   05:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inilah 17 Dosa yang Tidak Diampuni Meskipun Sudah Berpuasa | Ilustrasi cahayaislam.com

Sejatinya setiap orang yang beriman paska ramadan sudah menjadi hamba yang telah bersih dari segala dosa yang pernah dilakukannya.

Namun, jangan lupa kalau ada dosa-dosa yang tak terampuni meskipun sudah berpuasa.

Memang, ramadan merupakan bulan yang di dalamnya terdapat hikmah luar biasa tentang janji Allah yang menjamin pengampunan dosa bagi siapa saja yang berpuasa dengan penuh keimanan dan semata-mata mengharapkan ridha Allah Subhanahu Wata'aala.

Namun ternyata masih banyak dosa lainnya yang tergolong kedalam dosa besar yang tidak terampuni dengan berpuasa saja kecuali bertaubat.

Bertaubat artinya kembali kepada Allah dengan rasa penuh penyesalan dan berjanji serta bertekad tidak kembali lagi pada dosa yang pernah dilakukannya.

Berikut 17 dosa besar yang tidak diampunkan Allah (walaupun dalam Bulan Ramadhan) kecuali taubat menurut Imam Asy-Sya'rawi Al-Mutawalli, Ustaz Syaminan, M. Ag seorang dosen UIN Ar-Raniry membagikannya untuk kita melalui ceramahnya.

Berikut saya rangkum untuk pembaca:

Syirik

yaitu dosa karena menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Menyembah selain Allah merupakan perbuatan syirik yang dosanya tidak dapat terhapus oleh puasa.

Putus asa dari rahmat Allah

Islam sangat melarang umatnya untuk berputus asa dari Allah, apalagi jika sampai berpikir bahwa Allah itu tidak adil terhadap dirinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline