Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan

Ekspresikan Pikiran Melalui Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Inilah 17 Dosa yang Tidak Diampuni Meskipun Sudah Berpuasa

3 Juni 2019   20:10 Diperbarui: 19 Agustus 2020   12:56 66008 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 17 Dosa yang Tidak Diampuni Meskipun Sudah Berpuasa
Ilustrasi cahayaislam.com

Sejatinya setiap orang yang beriman paska ramadan sudah menjadi hamba yang telah bersih dari segala dosa yang pernah dilakukannya.

Namun, jangan lupa kalau ada dosa-dosa yang tak terampuni meskipun sudah berpuasa.

Memang, ramadan merupakan bulan yang di dalamnya terdapat hikmah luar biasa tentang janji Allah yang menjamin pengampunan dosa bagi siapa saja yang berpuasa dengan penuh keimanan dan semata-mata mengharapkan ridha Allah Subhanahu Wata'aala.

Namun ternyata masih banyak dosa lainnya yang tergolong kedalam dosa besar yang tidak terampuni dengan berpuasa saja kecuali bertaubat.

Bertaubat artinya kembali kepada Allah dengan rasa penuh penyesalan dan berjanji serta bertekad tidak kembali lagi pada dosa yang pernah dilakukannya.

Berikut 17 dosa besar yang tidak diampunkan Allah (walaupun dalam Bulan Ramadhan) kecuali taubat menurut Imam Asy-Sya'rawi Al-Mutawalli, Ustaz Syaminan, M. Ag seorang dosen UIN Ar-Raniry membagikannya untuk kita melalui ceramahnya.

Berikut saya rangkum untuk pembaca:

Syirik

yaitu dosa karena menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Menyembah selain Allah merupakan perbuatan syirik yang dosanya tidak dapat terhapus oleh puasa.

Putus asa dari rahmat Allah

Islam sangat melarang umatnya untuk berputus asa dari Allah, apalagi jika sampai berpikir bahwa Allah itu tidak adil terhadap dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN