Lihat ke Halaman Asli

Cahaya Tasikmalaya

Seorang yang terus belajar dan ingin memajukan daerah di Indonesia

Sudah Melanglang Buana, Manggis Tetap Harus Alami Peningkatan Mutu

Diperbarui: 9 Maret 2020   07:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.antaranews.com

 Barangkali tak banyak yang tahu bahwa manggis merupakan salah satu komoditas buah Indonesia yang diekspor ke luar negeri, bahkan memilikipangsa pasar yang luas. Barangkali juga ada banyak yang tidak tahu bahwa manggis adalah tanaman di daerah tropis dan Kabupaten Tasikmalaya, di Provinsi Jawa Barat adalah salah satu pemasok terbesar manggis Indonesia untuk pasar luar negeri. Baiklah, jika belum banyak yang tahu, maka artikel ini bisa jadi alternatif sumber informasi.

Bernama latin Garcinia mangostana L, manggis adalah tanaman tropik yang diyakini berasal dari wilayah Semenanjung Malaya. Kulitnya berwarna merah keunguan dan cukup tebal, sementara daging buah berwarna putih dan berair, rasanya manis dengan sedikit asam -yang bila dipikir-pikir memang cocok sekali menjadi tanaman endemik di daerah tropis, karena rasanya yang menyegarkan. 

Di Indonesia, manggis cukup banyak dijumpai di pasar, dan juga di kebun-kebun pribadi warga atau di batas-batas lahan tegalan, seperti Tasikmalaya beberapa tahun silam. 

Banyak rumah tangga yang memiliki pohon manggis dan berbuah sangat banyak, sehingga daerah Tasikmalaya mulai terkenal dengan produksi manggisnya.

Terdapat setidaknya tujuh titik produksi di Kabupaten Tasikmalaya, yakni Kecamatan Puspahiang, Salawu, Sodonghilir, Tanjungjaya, Mangunreja, Sukaraja dan Jatiwaras. Dari ketujuh sentra produksi tersebut, Manggis Tasikmalaya telah mampu melanglang buana hingga Eropa, Cina dan Timur Tengah, sungguh menakjubkan!

Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto pada akhir Januari lalu, saat sedang ribut-ribut Corona dan menyebabkan terhambatnya ekspor ke Cina sempat menyatakan bahwa warga dan pemkab tidak boleh cepat puas. 

Produksi manggis ini harus terus diperbaiki di sana-sini, baik itu sistem penanaman, sistem distribusi atau sistem pengolahan lanjut, supaya ke depannya Tasikmalaya tidak hanya mengirim sesuatu yang 'mentah' tetapi juga sesuatu yang telah ditambah nilainya dengan pengolahan lanjut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline