Lihat ke Halaman Asli

Nanang Diyanto

TERVERIFIKASI

Travelling

Hitam Putih; Bercerita Rentang Hidup

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1335602966206751056

Photo hitam putih yang mulai memudar ini saya ketemukan di rumah saudara sepupu bapak di daerah Krian Sidoharjo sana, awalnya saya nggak percaya ini  siapa yang berada di photo hitam putih ini.

Saya sudah lupa dengan wajah bapak atau ibu ketika saya kecil, karena wajah bapak sangat berbeda dengan sekarang, begitupun dengan ibuk.

Satu hal yang paling saya ingat adalah bunga plastik yang dulu ditaruh di bufet dirumah bapak, mirip yang dipegang perempuan kecil itu. Dan perempuan kecil ini mirip sekali dengan Ninda anak sulungnya kakak saya yang di Trenggalek sana, yang kini hampir tamat SMU mungkin usianya 18-an tahun.  Saya hafal dengan wajah Ninda karena dulu aku ikut kakak dan ikut mengasuhnya jaman kecilnya Ninda.

Ketika saya tanya saudara sepupu bapak juga nggak tahu siapa yang berada di photo ini, karena kebetulan yang dirumah suami dari saudaranya bapak.

Dan saya minta izin untuk memphoto photo hitam putih ini, dengan kamera hape ku-abadikan photo yang mulai memudar ini.

Selang beberapa bulan saya perlihatkan pada bapak saya, bapak seneng luar biasa. Ternyata yang berada di dalam photo hitam putih itu keluarga kami.

[caption id="attachment_174872" align="aligncenter" width="90" caption="Bapak kala muda"]

1335922565690279683

[/caption]

Ini Bapak, beliau masih ganteng, badannya masih kurus dibanding sekarang, memakai seragam guru waktu diphoto.

Kata bapak photo ini diambil tahun 1974-an ketika saya berumur 11-an bulan, kala itu bapak baru saja diangkat penjadi pegawai negeri.

Sebagai gaji pertama dibuat uang muka sepeda onta bekas seperti diphoto, dan sisanya buat belikan arloji [jam tangan yang dipakai ibu].

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline