Lihat ke Halaman Asli

Budidaya Nila Untuk Memenuhi kebutuhan Hidup dan Ekonomi di Desa Jembangan di Masa Pandemi

Diperbarui: 2 Agustus 2020   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Sragen- Wabah virus corona telah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Healt Organization. Berbagai kegiatan kehidupan masyarakat bai bidang ekonomi maupun sosial banyak yang terhenti karena melakukan physical distancing untuk mencegah penyebaran Covicd-19.

Akibatnya banyak keluarga yang mengalami kemrosotan ekonomi karena adanya physical distancing. ada yang diputus kerja adapun yang usahanya sepi karena pembatasan kegiatan tersebut.

Hal tersebut yang memotivasi Buharudin Muliawan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk membuat kolam budidaya ikan nila sebagai program kerja KKN Covid-19 UNS. Kegiatan budidaya ikan nila ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan pangan warga desa Jembangan.Pembuatan kolam ini direncanakan sebagai  kegiatan jangka panjang yang akan dikemang oleh warga desa Jembangan.

Sistem tebar padat adalah sistem yang digunakan oleh Buharudin, dengan alasan dengan lahan seadanya dapat kita membudidayakan bibit dengan jumlah banyak dengan antuan aerator oksigen.

Jika pada kolam pertama ini akan menghasilkan maka diharapkan setiap warga dapat memanaatkan lahan yang kosong untuk dapat dijadikan kolam nila. supaya dapat memajukan ekonomi warga desa Jembangan

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline