Mohon tunggu...
Buharudin Muliawan
Buharudin Muliawan Mohon Tunggu... Mahasiswa

semampunya sebisanya

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Budidaya Nila Untuk Memenuhi kebutuhan Hidup dan Ekonomi di Desa Jembangan di Masa Pandemi

2 Agustus 2020   11:29 Diperbarui: 2 Agustus 2020   11:28 16 2 0 Mohon Tunggu...

Sragen- Wabah virus corona telah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Healt Organization. Berbagai kegiatan kehidupan masyarakat bai bidang ekonomi maupun sosial banyak yang terhenti karena melakukan physical distancing untuk mencegah penyebaran Covicd-19.

Akibatnya banyak keluarga yang mengalami kemrosotan ekonomi karena adanya physical distancing. ada yang diputus kerja adapun yang usahanya sepi karena pembatasan kegiatan tersebut.

Hal tersebut yang memotivasi Buharudin Muliawan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk membuat kolam budidaya ikan nila sebagai program kerja KKN Covid-19 UNS. Kegiatan budidaya ikan nila ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan pangan warga desa Jembangan.Pembuatan kolam ini direncanakan sebagai  kegiatan jangka panjang yang akan dikemang oleh warga desa Jembangan.

Sistem tebar padat adalah sistem yang digunakan oleh Buharudin, dengan alasan dengan lahan seadanya dapat kita membudidayakan bibit dengan jumlah banyak dengan antuan aerator oksigen.

Jika pada kolam pertama ini akan menghasilkan maka diharapkan setiap warga dapat memanaatkan lahan yang kosong untuk dapat dijadikan kolam nila. supaya dapat memajukan ekonomi warga desa Jembangan

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN