Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang tak selalu bisa dipenuhi dengan dana yang tersedia. Di saat seperti itulah, kehadiran lembaga keuangan yang aman, tepercaya, dan mudah diakses menjadi dewa penolong.
PT Pegadaian, salah satu lembaga keuangan non-bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah lama hadir di tengah masyarakat dengan slogan yang begitu melekat di hati: Mengatasi Masalah tanpa Masalah. Slogan ini bukan sekadar kata-kata, melainkan benar-benar dijalankan dalam roda operasionalnya.
Dahulu pengguna layanan Pegadaian sebagian besar adalah masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Mereka datang membawa barang berharga untuk digadaikan.
Hal ini didukung oleh (Kepmenkeu) Keputusan Menteri Keuangan Nomor 39 Tahun 1971. Aturan tersebut mengatur fungsi untuk menyalurkan kredit dengan sistem gadai dalam rangka membina perekonomian masyarakat menengah ke bawah.
Meskipun sebagian besar pengguna jasa pegadaian berlatarbelakang ekonomi menengah ke bawah, mereka memiliki komitmen tinggi menebus barang gadaian tepat waktu.
Hal inilah yang membuat Pegadaian nyaris tidak mengenal istilah kredit macet. Bagi mereka yang pernah bertransaksi, Pegadaian bukan sekadar tempat memperoleh dana segar, tetapi juga tempat di mana kepercayaan dan ketenangan hati diberikan.
Transformasi Layanan
Kini Pegadaian terus bertransformasi. Tidak hanya hadir dengan layanan gadai konvensional. Pegadaian bertransformasi dan berinovasi membuka berbagai produk dan akses digital.
Dengan adanya layanan berbasis aplikasi di gawai (ponsel), konsumen semakin dimudahkan untuk bertransaksi dari mana saja dan kapan saja. Transformasi ini membuat Pegadaian tidak hanya identik dengan Gadai Barang, tetapi juga sahabat finansial yang mendukung banyak kebutuhan masyarakat modern.
Akun Pegadaian Pribadi/KolPri