Lihat ke Halaman Asli

Nasehat Seekor Burung

Diperbarui: 15 Maret 2018   19:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nasehat Seekor Burung

Seekor burung yang telah ditangkap seorang pemburu, ia menginginkan untuk dilepaskan. Jika nanti ia dilepaskan, ia berjanji akan memberikan tiga nasehat kepada pemburu. Dilepaskanlah burung itu, yang lalu menclok di sebuah pohon jambu.

Sebelum burung itu terbang bebas, sesuai dengan janjinya, ia memberi nasehat pertamanya kepada si pemburu. "Kalau kau kehilangan sesuatu, meskipun kau menghargainya seperti hidupmu sendiri, jangan menyesal." katanya sambil mengepakkan kedua sayapnya, dibatang pohon jambu.

Pemburu mengangguk-anggukan kepalanya, ia mengerti maksud yang di omongkan tadi. Burung pun melanjutkan nasehat ke duanya.

"Jangan percaya kepada segala sesuatu yang bertentangan dengan akal, apabila tak ada bukti." ungkapnya kepada pemburu. Lalu ia melompat ke batang pohon yang lebih tinggi, dan memakan buah jambu di depannya.

"Baiklah, benar juga katamu." tanggap si pemburu, dan ia pun tak sungkan mengacungkan jempol.

Seketika burung itu tiba-tiba terbang ke salah satu pohon mangga, yang letaknya tidak begitu jauh dari pohon jambu. Dan di pohon itu ia menerangkan sesuatu kepada pemburu. "Wahai si Pemburu yang malang," katanya sambil mengarahkan matanya ke langit.

"Tubuhku terdapat dua permata besar, kalau saja tadi, kau tidak melepaskanku lalu membunuhku, mungkin kau dapat memperolehnya," ujar burung dalam maksud mengkelabui.

Pemburu itu bertanya-tanya, apa benar, apa yang di katakan oleh burung tersebut.

Namun, pemburu akhirnya mengakui bahwa ia sangat menyesal telah melepaskan burung tangkapannya. Tetapi pemburu tetap meminta nasehat ke tiga yang belum di jelaskan oleh burung. "Hai burung. Kamu belum mengatakan nasehat yang ketiga. Coba kamu jelaskan." pintanya

"Ha! Meminta nasehat yang ketiga? Sudahkah kedua nasehatku kau renungkan?." sanggahnya dengan nada agak sinis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline